nusabali

Bupati Artha Resmikan Poli Mata RSUD Negara

  • www.nusabali.com-bupati-artha-resmikan-poli-mata-rsud-negara

NEGARA, NusaBali
Setelah pembangunan enam gedung baru dan membuka layanan Poli Jiwa, layanan di RSUD Negara juga dilengkapi layanan Poli Mata.

Layanan baru RSUD Negara ini diresmikan oleh Bupati Jembrana I Putu Artha bersama Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan, dengan pemotongan pita dan tumpeng, Senin (14/9) pagi.

Ruang Poli Mata yang berada di lantai dua gedung Instalasi Rawat Jalan (IRJ) tersebut, berfungsi melayani pemeriksaan, terapi, tindakan refraksi, dan lensa kontak. Selain itu, juga melayani pemeriksaan vitreo retina, glaukoma, infeksi-imunologi, okuloplasti-onkologi, pediatrik oftalmologi, strabismus, oftalmologi komunitas, dan surat keterangan buta warna.

Pada kesempatan yang sama, RSUD Negara juga telah menerapkan sistem pendaftaran layanan secara online melalui aplikasi HiDok yang bisa diunduh di play store lewat smartphone. Melalui aplikasi tersebut, masyarakat bisa melakukan pendaftaran hingga tiga hari sebelumnya. Di samping pendaftaran layanan online, RSUD Negara juga menerapkan pembayaran secara online dengan sistem e-billing melalui kerjasama dengan Bank BPD Bali.

Bupati Artha usai peresmian Poli Mata RSUD Negara, mengungkapkan rasa syukur karena RSUD Negara kini bisa meningkatkan kapasitas pelayanan untuk masyarakat. Tidak hanya fasilitas, namun Pemkab Jembrana juga mendorong peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM), dengan menyekolahkan beberapa dokter umum menuju jenjang pendidikan spesialis.

“Peningkatan kapasitas dan pelayanan di RSUD Negara ini adalah merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah selama kepemimpinan Artha-Kembang dalam meningkatkan pelayanan melalui peningkatan kompetensi tenaga medis. Semoga dengan bertambahnya layanan yang ada di RSUD Negara, bisa semakin meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Jembrana,” kata Bupati Artha.

Terkait pendaftaran layanan dan pembayaran secara online yang diterapkan RSUD Negara, Bupati Artha mengatakan, tentunya akan memberikan kemudahan kepada masyarakat. “Sistem pendaftaran online RSUD Negara ini sangat bermanfaat untuk masyarakat yang ingin datang berobat ke sini. Bahkan masyarakat bisa melakukan pendaftaran dari tiga hari sebelumnya. Tentu ini sangat memudahkan. Selain itu, pendaftaran secara online akan menghindari kerumunan, sehingga sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19,” ujar Bupati Artha.

Sementara Direktur RSUD Negara dr I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata, mengatakan launching Poli Mata ini merupakan salah satu upaya meningkatkan kapasitas pelayanan di RSUD Negara. Dibukanya layanan baru ini, tidak terlepas dengan peningkatan kompetensi tenaga medis. “Dengan dibukanya Poli Mata ini, masyarakat Jembrana tidak perlu jauh-jauh untuk mendapatkan pelayanan spesialis kesehatan mata. Selain itu, tahun ini juga menyusul akan dibuka Poli Kulit dan Poli Kelamin,” kata Oka Parwata. *ode

Komentar