nusabali

Stafsus Presiden Dorong STAHN Mpu Kuturan Perkuat SDM

  • www.nusabali.com-stafsus-presiden-dorong-stahn-mpu-kuturan-perkuat-sdm

SINGARAJA, NusaBali
Keberadaan Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Mpu Kuturan Singaraja sebagai perguruan tinggi berbasis Agama Hindu diharapkan dapat memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat umum di Bali.

Terutama pada bidang pengembangan ilmu pengetahuan agama maupun dan membesarkan tradisi Hindu Bali. Koordinator staf khusus presiden Anak Agung Gede Ngurah Ari Dwipayana mendorong STAHN Mpu Kuturan memperkuat SDM untuk mencapai target itu.

Hal tersebut muncul saat AAGN Ari Dwipayana menjadi narasumber webinar yang dilaksanakan STAHN Mpu Kuturan Jumat (11/9) siang. Menurutnya STAHN Mpu Kuturan yang mengambil nama orang besar tokoh Hindu memiliki tanggungjawab besar sebagai lembaga akademik. Civitas akademi STAHN sesuai nama lembaga diharapkan dapat menggali dan membesarkan warisan tradisi dan pemikiran besar tentang Hindu. Seperti yang dilakukan Mpu Kuturan orang besar Hindu yang meletakan pondasi dan berpengaruh besar apda perkembangan Hindu di Bali. “Ini harus diteruskan STAHN, tidak hanya membesarkan karya akademik tetapi juga menggali tradisi. itu yang dibutuhkan Hindu Bali dan Indonesia,” ucap pria asal Puri Kauhan Ubud Gianyar ini.

STAHN Mpu Kuturan sebagai lembaga akademik berbasis Hindu harus mampu memperkuat keilmuannya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) untuk membangun kampus ini. Seluruh dosen pengajar tak harus memenuhi klasifikasi pendidikan hingga S3, tetapi terus dikejar hingga guru besar. Dia juga menekankan tradisi riset juga harus dikembangkan sehingag dapat memberi kebermanfaatan bagi masyarakat luas. “Tradisi berpikir, perdebatan berpikir kritis juga ahrus dibangun. hasilnya untuk pengembangan ilmu pengetahuan,” jelas Ari Dwipayana.

STAHN Mpu Kuturan juga tidak bisa tutup mata di tengah pandemi Covid-19 ini. Menurutnya moment pandemi ini dapat dijadikan kesempatan oleh civitas akademika mendukung program pemerintah, utamanya mengedukasi masyarakat untuk mencegha penyebaran Covid-19. Namun edukasi yang diberikan kepada masyarakat disebut berhasil jika membuahkan perubahan prilaku.

Sementara itu Ketua STAHN Mpu Kuturan Singaraja I Gede Suwinda, mengaku siap segera melakukan pembenahan internal SDMnya. Bahkan tahun ini sudah ada 5 dosennya yang dibiayai melalui beasiswa menuntaskan pendidikan S3nya. Selain program beasiswa pendiidkan dosen ke S2 juga cukup banyak. “Kami siap berbenah di internal untuk jangka waktu panjang melakukan pesan pak Ari selain pembenahan SDM juga riset yang mendalam,” jelas dia.

Terkait partisipasi STAHN Mpu Kuturan dalam mengedukasi masyarakat pada masa pandemic Covid-19 saat ini juga telah dilakukan sejumlah aksi nyata. selain edukasi langsung juga dilakukan pembagian masker pada program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mahasiswanya dan juga hari Jumat kemarin di kawan Daya Tarik Wisata (DTW) Wihara Banjar. *K23

Komentar