nusabali

Usaha Ternak Sapi Tetap Bangkit

Di Tengah Pandemi Covid-19

  • www.nusabali.com-usaha-ternak-sapi-tetap-bangkit

SEMARAPURA, NusaBali
Di tengah-tengah menghadapi pandemi Covid-19, usaha ternak sapi di Klungkung tetap bangkit.

Kondisi itu tersirat saat Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengunjungi Kelompok Ternak Sapi Pedaging Dharma Laksana di Desa Adat Pau, Desa Tihingan, Kecamatan Banjarangkan, Klungkung, pada Jumat (11/9) siang.

Bupati Suwirta mengaku sangat senang melihat usaha yang dilakukan oleh desa adat dalam pemberdayaan terhadap masyarakat. Inovasi ini menurutnya harus terus dikembangkan. "Mari jaga semangat dan kekompakan seluruh anggota kelompok dengan baik, upaya tersebut dilakukan agar usaha ternak sapi ini bisa berjalan dengan maksimal," ujak Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta mengimbau kepada para kelompok di saat menjalankan tugas-tugas agar selalu disiplin mematuhi protokol kesehatan (prokes). Dengan cara memakai masker, jaga jarak, cuci tangan dengan dan lainnya. “Sebab situasi saat ini sedang menghawatirkan sekali,” ujarnya.

Ketua Kelompok Ternak Sapi Pedaging Dharma Laksanakan I Ketut Ariasa mengatakan kelompok ternak sapinya sudah berdiri sejak tahun 2004 dengan bantuan dari bank dunia senilai Rp 100 juta. Dari penjualan sapi tersebut terkumpul dana Rp 200 juta dan sudah ditabung di LPD.

Setelah menyikapi perkembangan situasi akibat pendemi covid-19, akhirnya masyarakat banyak yang meminta untuk menghidupkan kembali kelompok ternak sapi ini. Pasalnya, saat pariwisata melonjak ternak sapi ini sempat stagnan. “Saat ini kami hanya memprioritaskan kepada warga yang benar-benar terdampak Covid-19 untuk ikut anggota dengan jumlah anggota 18 orang dan ternak sapi saat ini sebanyak 18 ekor,” katanya. *wan

Komentar