nusabali

Kesetrum Tiang Listrik, Pekak Tewas

  • www.nusabali.com-kesetrum-tiang-listrik-pekak-tewas

MANGUPURA, NusaBali
Seorang krama Banjar Kembang Sari, Desa Blakiuh, Kecamatan Abiansemal, Badung bernama I Wayan Lambon, 76 tewas tersengat listrik tegangan tinggi di halaman depan rumahnya, pada Rabu (9/9) pukul 09.40 Wita.

Pekak kelahiran 5 Febuari 1944 itu tersengat listrik saat membersihkan rumput di halaman depan rumahnya tepat di bawah tiang lampu penerang jalan.

Kasubbag Humas Polres Badung Iptu Gede Ketut Oka Bawa mengungkapkan korban tewas di tempat kejadian. Korban baru berhasil dievakuasi dari lokasi setelah tim PLN tiba di TKP pukul 11.00 Wita. Korban langsung dilarikan ke Puskesmas 1 Abiansemal. Namun saat tiba di Puskesmas korban sudah dinyatakan meninggal dunia.

Berdasarkan keterangan saksi-saksi di lokasi kejadian diketahui sebelum tewas korban bersih-bersih rumput di halaman depan rumahnya. Sambil bersih rumput, korban juga memperbaiki pagar tanaman di depan rumahnya. Di mana disekitar korban beraktivitas itu ada tiang listrik lampu jalan.

"Pada saat bersih-bersih itu korban pegang tang. Sebelum tersengat listrik, dia ambil kabel Telkom yang putus di seputaran tiang listrik tersebut  untuk mengikat pagar tanaman depan rumah korban. Diduga akibat kabel itulah terjadi korslet dan menyengat korban," tutur Iptu Oka Bawa.

Pada saat tersengat aliran listrik tegangan tinggi itu posisi korban berada di parit tepat di bawah tiang listrik. Korban baru bisa diangkat dari dalam parit pukul 10.45 Wita. Petugas PLN datang ke lokasi dan memadamkan gardu listrik yang berada tak jauh dari tempat korban tewas.

"Posisinya saat ditemukan korban di dalam parit dalam posisi telentang. Sempat dibawa ke Puskesmas untuk dilakukan pemeriksaan namun pihak kesehatan menyatakan korban sudah meninggal saat berada di TKP," ungkap Iptu Oka Bawa.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Badung Ni Nyoman Ermy Setiari atas seijin Kepala Pelaksana BPBD Badung Bagus

Nyoman Wiranata membenarkan ada salah seorang warga meninggal karena tersengat listrik. "Berdasarkan keterangan keluarga korban, jam 9 pagi korban membersihkan pagar dan pohon di bawah lampu penerang jalan depan rumahnya, kemudian korban tersengat listrik," ujarnya.

Menurut Ermy Setiari korban sudah dievakuasi oleh PMI Badung ke rumah duka. "Tim tiba di TKP sekitar pukul 10.13 Wita. Lama penanganan sekitar 40 menit. Korban sendiri sudah dievakusi menggunakan ambulance PMI Badung," tandasnya. *pol, asa

Komentar