nusabali

Wabup Suiasa Ajak Generasi Muda Lestarikan Bahasa dan Aksara Bali

  • www.nusabali.com-wabup-suiasa-ajak-generasi-muda-lestarikan-bahasa-dan-aksara-bali

MANGUPURA, NusaBali
Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menggelar webinar pelestarian bahasa dan tulisan Bali, Senin (7/9).

Dengan webinar tersebut diharapkan generasi muda Badung melestarikan bahasa Bali sebagai bahasa ibu di tengah derasnya arus modernisasi di era digital 4.0.

“Kami harapkan generasi muda Badung melestarikan, memahami, dan menguasai bahasa dan aksara Bali, untuk menghindari degradasi penggunaan bahasa ibu dan budaya Bali di era globalisasi,” ujar Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa saat membuka webinar transformasi perpustakaan mewujudkan pelestarian bahasa dan tulisan Bali, diikuti oleh guru Bahasa Bali tingkat SD dan SLTP se-Kabupaten Badung, dari ruang kerja Rumah Jabatan Wakil Bupati, Senin (7/9).

Wabup Suiasa menambahkan, program perpustakaan ini hadir di tengah masyarakat dan mengubah paradigma, perpustakaan bukan hanya sebagai ruang untuk membaca, melainkan sebuah ruang di mana orang-orang yang hendak mengubah peradaban, pola pikir, dan hal lainnya dapat bertemu dan bekerja sama.

Sementara Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani, melaporkan transformasi perpustakaan merupakan salah satu program perpustakaan berinklusi sosial, yaitu peningkatan pelayanan, pelibatan masyarakat, dan advokasi. Untuk Kabupaten Badung, ketiga hal ini dapat diwujudkan salah satunya melalui kegiatan workshop webinar pelestarian bahasa dan tulisan Bali.

Kristiani menambahkan, webinar diselenggarakan selama 4 hari, 7–10 September 2020 secara virtual dengan peserta sebanyak 300 orang guru Bahasa Bali tingkat SD dan SLTP se-Kabupaten Badung. Narasumber berasal dari dosen Sastra Bali Universitas Udayana, Universitas Warmadewa, pengurus Ikatan Guru Indonesia (IGI) Bali, duta bahasa Bali. *asa

Komentar