nusabali

Potensi Wisata Lokal 'The Spirit of Sobean' Mulai Dipetakan

  • www.nusabali.com-potensi-wisata-lokal-the-spirit-of-sobean-mulai-dipetakan

Potensi wisata lokal yang akan diusulkan antara lain Desa Wisata Sudaji dan Desa Wisata Munduk. Sedangkan destinasi wisata antara lain air terjun Sambangan.

SINGARAJA, NusaBali
Sejumlah potensi lokal Buleleng yang sesuai dengan terobosan 'The Spirit Of Sobean' mulai dipetakan. Bukan hanya seni budaya maupun kultur yang khas, potensi alam baik panorama maupun produk pertanian dan wisatanya pun mulai diidentifikasi. Hal tersebut dilakukan dalam rapat perumusan 'The Spirit of Sobean' di halaman Rumah Intaran, Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan baru-baru ini.

SKPD di Lingkup Pemkab Buleleng, termasuk Dinas Pariwisata mulai merumuskan hal-hal yang berkaitan dengan dengan produk terbaiknya. "Kalau produk pariwisata ada destinasi, desa wisata, dan akomodasi. Nanti akan dirincikan mana yang menurut kami bisa dikatakan sebagai sobean (terbaik), sesuai kriteria kami," ujar Kepala Dinas Pariwisata Buleleng Made Sudama Diana saat dikonfirmasi NusaBali, Minggu (6/9).

Berikutnya, potensi produk yang telah dipetakan tersebut akan diusulkan ke tim kurator yang akan mengkurasi potensi lokal terbaik untuk bisa ditawarkan ke khalayak. "Misalnya desa wisata, yang mana di antara desa wisata yang terbaik dan apa yang terbaik yang ada di sana. Nanti disandingkan. Kalau orang berkunjung ke sana lengkap dan puas, tidak didapatkan di desa wisata lainnya," bebernya.

Potensi wisata lokal yang mulai dipetakan oleh Dinas Pariwisata yang akan diusulkan antara lain Desa Wisata Sudaji dan Desa Wisata Mundu. Sedangkan destinasi wisata antara lain air terjun Sambangan. "Ini baru bersifat sementara. Nanti akan ada tambahan dari pertimbangan Pak Bupati atau kurator. Ending-nya produk yang dibranding sobean tersebut dipromosikan ke publik," jelas Made Sudama.

Seperti yang diketahui, Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Bupati Agus Suradnyana baru-baru ini menbuat terobosan dengan mencanangkan konsep 'The Spirit of Sobean'. Konsep ini, kata dia, akan digunakan menggali dan memberdayakan  potensi lokal terbaik yang ada di Kabupaten Buleleng. Potensi lokal yang terpilih, juga bisa dijadikan sarana untuk mensejahterakan warga masyarakat di Kabupaten Buleleng.

"Seperti hasil pertanian, destinasi wisata, bahkan hotel terbaik di Buleleng. Destinasi wisata terbaik yang bisa masuk seperti kebersihan dan keasriannya terjaga. Termasuk perilaku masyarakat sekitar yang bisa dijadikan sumber perekonomian di masyarakat," sebutnya. Dengan konsep 'The Spirit of Sobean', Suradnyana berharap akan lahir hal-hal terbaik dari Buleleng.*cr75

loading...

Komentar