nusabali

Hamilton Cetak Rekor

Rebut Pole F1 GP Italia di Monza

  • www.nusabali.com-hamilton-cetak-rekor

Bagi Hamilton, pole position yang ke-94 dalam kariernya. Pebalap Inggris itu selalu memang dalam enam balapan terakhir dimana ia merebut pole.

MONZA, NusaBali

Lewis Hamilton akan start terdepan di balapan Formula 1 GP Italia. Pebalap Mercedes itu merebut pole position dengan memecahkan rekor,  pada kualifikasi GP Italia di Sirkuit Monza, Sabtu (5/9) malam Wita.

Ya,  Hamilton mencatatkan waktu terbaik 1 menit 18,887 detik. Dia unggul 0,069 detik atas rekan setimnya, Valtteri Bottas. Catatan Hamilton itu jadi rekor putaran tercepat dalam sejarah F1.

Menurut Gracenote Live, kecepatan rata-rata Hamilton adalah 264,362 km/jam dan mematahkan rekor Kimi Raikkonen (263,587 km/jam).

Bagi Hamilton, pole position yang ke-94 dalam kariernya. Pebalap asal Inggris itu selalu jadi pemenang dalam enam balapan terakhir di mana dia  merebut pole.  Di belakang duo Mercedes, ada Carlos Sainz (McLaren) di urutan ketiga. Sergio Perez (Racing Point) menempati peringkat keempat di depan Max Verstappen (Red Bull).

Sementara itu, Ferrari mendapat hasil jeblok di kualifikasi GP Italia. Charles Leclerc cuma menempati posisi ke-13 di sesi kualifikasi. Sebastian Vettel lebih buruk dengan start dari urutan ke-17. Ini yang pertama sejak 1984 Ferrari di luar 10 besar dalam sesi kualifikasi di Monza.

Max Verstappen menjadi satu-satunya pebalap yang menandingi dominasi Mercedes di Formula 1 2020. Meski begitu, driver Red Bull Racing itu kesulitan karena hanya 'berjuang sendirian'.

Sejauh ini, F1 2020 sudah menuntaskan tujuh seri balapan. Mercedes lewat Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas berhasil mendominasi dengan memenangi enam di antaranya. Rinciannya, Bottas menang sekali dan Hamilton lima kali.

Satu-satunya balapan yang lepas yakni GP 70th Anniversary yang digelar di Silverstone, Inggris. Verstappen kala itu berhasil menang dan sempat membuat publik berharap akan ada tim yang bisa mengakhiri dominasi Mercedes dalam 6 tahun terakhir.

Meski begitu, upaya Verstappen itu dirasa tak cukup, meski ia selalu finis tiga besar dalam enam Grand Prix terakhir. Pasalnya, rekan setimnya, Alexander Albon, belum pernah naik podium sejauh ini. Meski hampir selalu finis di 10 besar, posisi terbaik driver berdarah Thailand itu hanyalah urutan keempat.

Hal tersebut, kata Hamilton, faktor utama tak ada tim yang mampu menandingi Mercedes sejauh ini. Selain urusan kecepatan mobil, tim yang hanya mengandalkan seorang pebalap jelas sulit untuk bersaing menjadi juara konstruktor. Saat ini, Mercedes di urutan teratas klasemen konstruktor dengan 264 poin, sedangkan Red Bull baru mengumpulkan 158 poin. *ant

Komentar