nusabali

Rai Mantra Panen Perdana Bawang Merah Super Philip di Sidakarya

Berharap Inovasi Ini Bisa Diikuti Desa Lainnya

  • www.nusabali.com-rai-mantra-panen-perdana-bawang-merah-super-philip-di-sidakarya

DENPASAR, NusaBali
Menghadapi masa pandemi Covid-19 ini, Desa Sidakarya bersama para petani yang ada di Subak Sidakarya dan warga yang terdampak virus Corona berjumlah 65 orang membuat sebuah inovasi dalam kegiatan bertani.

Adapun tujuan kegiatan ini untuk  ketahanan pangan melalui sistem padat karya dengan menanam bibit unggul bawang merah jenis Super Philip.

Setelah melaksanakan penanaman bibit sekitar dua bulan lalu, Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar  Ny IA Selly Dharmawijaya Mantra melaksanakan panen perdana bawang merah Super Philip, Jumat (4/9) di lahan milik petani Subak  Sidakarya.

Sebelum acara panen bawang, Walikota Rai Mantra dari kediaman bersepeda menuju lokasi panen di Subak Sidakarya .

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Rai Mantra menjelaskan bahwa di masa pandemi Covid-19 saat ini memberikan dampak serius bagi perekonomian dan kesehatan masyarakat. “Untuk itu saya sangat mengapresiasi petani yang tergabung ini, ada yang berlatar belakang mantan pekerja hotel, guru dan yang lainya dengan membuat sebuah inovasi di dalam ketahanan pangan dengan menanam bibit bawang merah di lahan seluas 1 hektare ini,” ujarnya.

Dengan perkiraan harga jual  sekitar Rp 15-20 ribu per 1 kg, jadi sekali panen sudah mampu menghasilkan uang sekitar Rp 300 juta dalam dua bulan. “Ini merupakan suatu inovasi yang luar biasa dalam masa pendemi ini, apalagi ini merupakan petani gabungan pekerja yang terdampak Covid-19,” imbuh Rai Mantra.

Rai Mantra pun berharap bisa menjadi percontohan dan diikuti oleh para petani dan desa-desa lainya di Denpasar dengan pemanfaatan lahan kosong. “Saya banyak melihat lahan-lahan yang masing menganggur, jika diberdayakan tentu akan menghasilkan uang yang lumayan banyak dan bisa membantu perekonokian keluarga,” katanya.

Sementara Perbekel Desa Sidakarya, Wayan Rena mengatakan, penanaman bibit unggul bawang merah ini tercetus dari ide Walikota Denpasar di dalam ketahanan pangan di masa pandemi ini. Dimana Desa Sidakarya bersama para petani dan para pekerja yang terdampak Covid-19 yang dirumahkan mulai meminjam lahan kosong dengan sistem bagi hasil untuk menanam bawang merah unggul. Selain itu, juga di lahan seluas 1 hektare ini di tanam bibit bawang yang  merupakan   bantuan dari Dinas Pertanian Kota Denpasar. “Dan hari ini merupakan panen perdana untuk bibit bawang merah unggul Super Philip dan kedepanya juga akan ditanam jenis bawang putih unggul dan beberapa jenis sayuran,” katanya. “Saya mengucapkan terimakasih atas bantuan dan perhatian Bapak Walikota Denpasar dan Dinas Pertanian didalam menghadapi masa pandemi Covid-19 ini.  Dalam kegiatan ini, mulai dari mengolah lahan, menanam, perawatan sampai panen juga mendapat pembinaan dari Kodim 1611/Badung,” jelasnya.

Sementara perwakilan Kodim 1611/Badung, Mayor Inf Muhamad Sutopo, sangat mendukung program pertanian didalam ketahan pangan, yang mana untuk di Desa Sidakarya ini tim diturunkan untuk membantu para petani dari pembibitan, perawatan sampai panen dan siap membantu jika para petani kesusahan dalam proses bertani. *mis

Komentar