nusabali

Ini Dia 3 Tips Piara Ikan Cupang

  • www.nusabali.com-ini-dia-3-tips-piara-ikan-cupang

DENPASAR, NusaBali.com
Ikan cupang yang semakin digandrungi akhir-akhir ini rupanya memiliki cara yang cukup mudah dalam perawatannya.

Tentu saja harus tau triknya memiara ikan cupang dengan ekor yang indah. “Simple dan gampang-gampang susah sebenarnya,” tutur Kadek Agusti Aditya Pratama, salah satu anggota komunitas Cyber Betta Bali.

Keberadaan komunitas dan pegiat ikan cupang yang semakin berkembang tidak hanya semakin mempopulerkan ikan hias berwarna indah ini tetapi juga menjadi tempat untuk belajar membudidayakannya.

Agar ikan mungil nan imut ini bisa bertahan lama dan awet, ketahui cara merawat Betta fish berikut ini.

1. Sering mengganti air setidaknya tiga hari sekali.
Ikan cupang berasal dari air tawar, jadi letakkan ikan cupang dalam air sumur. Jika tidak ada air sumur, bisa menggunakan air PAM yang diendapkan atau didiamkan selama sehari.

2. Berikan daun ketapang kering.
Daun ketapang kering berfungsi menjaga pH air tempat tinggal si ikan cupang. Daun ketapang yang bagus bisa ditemukan di area pesisir pantai yang harus dikeringkan terlebih dahulu.


3. Berikan pakan terbaik.
Seperti halnya manusia yang perlu makanan bergizi, ikan cupang juga perlu makanan bergizi. Makanan bergizi bagi si ikan cupang kesayangan yaitu jentik nyamuk dan cacing darah. Sebaik-baiknya kualitas pelet ikan, makanan bergizi seperti itulah yang bisa membuat warna ikan cupang keluar dengan baik.

Cukup mudah bukan merawat ikan cupang? Bisa dimulai dulu sebagai hobi baru di masa-masa seperti ini. Tidak perlu bingung karena saat ini sudah semakin banyak komunitas yang memberikan edukasi mengenai perawatan ikan cupang. Range harga ikan cupang sendiri dimulai dari 20 ribu rupiah hingga ratusan ribu bahkan bisa sampai jutaan jika terbukti kualitasnya.*cla

Komentar