nusabali

CT Scan di RSUD Bangli Belum Dioperasikan

  • www.nusabali.com-ct-scan-di-rsud-bangli-belum-dioperasikan

BANGLI, NusaBali
Alat Computerized Tomography (CT) Scan di RSUD Bangli sudah selesai dipasang.

Meski CT Scan sudah siap sejak sebulan lebih, namun belum dapat dioperasikan. Jika ada pasien membutuhkan layanan CT-Scan, masih harus dirujuk ke rumah sakit lainnya.

Direktur RSU Bangli, dr I Nyoman Arsana, membenarkan CT Scan belum dioperasikan. Sesuai mekanisme, pengoperasian CT Scan harus mengantongi izin dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) Jakarta. “Kami sudah mengurus izin. Kami berharap izin segera turun sehingga CT Scan bisa dioperasikan,” ungkap dr Nyoman Arsana, Kamis (3/9).

Diakui, RSU Bangli harus merujuk pasien ke RS di luar kabupaten jika memerlukan CT Scan karena belum punya alat. Saat ini alat sudah tersedia namun masih menunggu izin pengorepasian. Direktur asal Desa Songan, Kecamatan Kintamani ini mengaku fokus pada penyediaan alat-alat di rumah sakit. Salah satunya menjalin kerjasama dengan pihak ketiga selaku penyedia alat. Pada bulan Mei 2020, penyedia barang memasang CT Scan di ruang radiologi. “Pemasangan dilakukan oleh tim teknisi dan telah uji kalibrasai, uji fungsi, dan kesesuaian,” jelasnya. *esa

Komentar