nusabali

Stroke Tak Kunjung Sembuh, Dadong di Desa Patas Pilih Gantung Diri

  • www.nusabali.com-stroke-tak-kunjung-sembuh-dadong-di-desa-patas-pilih-gantung-diri

Korban tergantung di ranting pohon jambu mete setinggi 180 cm menggunakan selendang warna hijau.

SINGARAJA, NusaBali
Warga Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Buleleng dikejutkan dengan penemuan sesosok mayat nenek (dadong) yang meninggal akibat gantung diri, Kamis (3/9). Saat diidentifikasi, korban diketahui bernama Nengah Derek, 79, warga Banjar Dinas Yeh Panes, Desa Patas, Kecamatan Gerokgak, Buleleng.

Informasi yang dihimpun di lapangan menyebutkan, kejadian ulah pati (bunuh diri) ini pertama kali diketahui oleh tetangga korban, Nengah Suartini, 51, yang tengah mencari korban pada Kamis pagi sekitar pukul 08.30 Wita. Saat itu ia merasa curiga terjadi sesuatu terhadap korban yang biasanya setiap pagi selalu datang ke rumahnya. Namun pada saat itu korban tidak terlihat sama sekali.

Suartini kemudian berinisiatif mencari korban di sekitar rumahnya namun tidak ditemukan. Selanjutnya ia mencari korban di sekitar kebun di sebelah barat rumah korban. Saat tiba di lokasi kejadian, ia langsung kaget melihat korban yang menggunakan baju kaos warna ungu dan celana panjang warna hijau motif bunga sudah dalam kondisi tergantung di ranting pohon jambu mete setinggi 180 cm menggunakan selendang warna hijau.

Ia lalu menurunkan korban sambil meminta tolong warga sekitar. Setelah diturunkan, korban Nengah Derek langsung dilarikan ke Puskesmas Gerokgak I pada pukul 09.30 Wita. Namun saat diperiksa oleh petugas meids, korban sudah dalam kondisi meninggal dunia. Pada tubuh korban tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan dan terdapat bekas jeratan di sekeliling leher.

Kapolsek Gerokgak Kompol Made Widana saat dikonfirmasi NusaBali membenarkan adanya laporan warga bunuh diri dengan cara gantung diri di pohon. "Korban gantung diri dengan menggunakan selendang berwarna hijau dengan panjang sekitar 3 meter," ujarnya.

Dari keterangan keluarga diketahui korban Nengah Derek yang sehari-hari bekerja sebagai petani ini diduga sedang mengalami depresi lantaran sakit stroke yang tak kunjung sembuh. "Korban diduga mengalami sakit stroke ringan yang tidak kunjung sembuh sejak satu tahun terakhir," tutupnya. Pihak keluarga sudah mengikhlaskan kepergian korban dengan cara gantung diri. Selanjutnya, jenazah langsung dibawa keluarga untuk diupacarai. *cr75

Komentar