nusabali

Rai Mantra: PKK Jadi Ujung Tombak Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Rumah Tangga

  • www.nusabali.com-rai-mantra-pkk-jadi-ujung-tombak-pencegahan-dan-penanganan-covid-19-di-rumah-tangga

DENPASAR, NusaBali
Sebagai upaya berkelanjutan untuk mendukung percepatan penanganan dan pencegahan Covid-19, Pemkot Denpasar menggandeng Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Denpasar.

Karenanya, guna memberikan pembekalan dalam pencegahan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kota Denpasar melaksanakan sosialisasi percepatan penanganan Covid-19 yang menyasar TP PKK dan Kader Posyandu hingga desa/kelurahan di Gedung Dharma Negara Alaya, Kamis (27/8).

Hadir dalam kesempatan tersebut Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra selaku Ketua GTPP Covid-19 Kota Denpasar, Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny IA Selly Dharnawijaya Mantra, Wakil Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny Sagung Antari Jaya Negara serta Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kota Denpasar yang juga Ketua Harian GTPP Covid-19 Kota Denpasar, I Made Toya

Dalam arahanya, Walikota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kota Denpasar hingga lapisan terbawah, termasuk PKK Kota Denpasar. Hal ini lantaran berbagai upaya telah dilaksanakan untuk mendukung pemerintah, utamanya GTPP dalam penanganan dan pencegahan Covid-19.

"Jadi di Kota Denpasar seluruh lapisan masyarakat terlibat langsung, dan PKK ini merupakan ujung tombak pencegahan dan penanganan Covid-19 skala keluarga dan rumah tangga, sehingga pemahaman akan pencegahan penting diketahui PKK," kata Rai Mantra.

Lebih lanjut dijelaskan, hingga saat ini memang belum ada cara jitu dalam pencegahan Covid-19. Namun, GTPP Kota Denpasar terus memaksimalkan langkah strategis, salah satunya melaksanakan pencegahan dari tingkat rumah tangga.  "Di sinilah perempuan memegang peranan penting, yakni memberikan sosialisasi, pemahaman dan edukasi tentang pencegahan dan disiplin penerapan protokol kesehatan bagi seluruh anggota keluarga, sehingga pencegahan dapat dioptimalkan, selain itu perempuan juga berperan penting dalam mendukung ketahanan pangan, ekonomi dan utamanya kesehatan keluarga," terang Rai Mantra.

Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny Selly Dharmawijaya Mantra didampingi Wakil Ketua TP PKK Kota Denpasar, Ny Sagung Antari Jaya Negara turut memacu semangat kader PKK dan Posyandu untuk selalu mendukung pencegahan dan penanganan Covid-19. Dimana, berbagai upaya yang sudah dilaksanakan hingga saat ini agar terus dilanjutkan dan dimaksimalkan.

Seperti halnya sosialisasi pencegahan, sterilisasi dan penerapan protokol kesehatan dan Program Cek Tetangga Sebelah (CTS) untuk memastikan kesehatan, ketahanan pangan dan keamanan keluarga serta lingkungan sekitar dengan respon cepat.  "Jadi ibu-ibu PKK harus tetap semangat, jangan menyerah, segala upaya yang sudah dilaksanakam agar terus dimaksimalkan, semoga Covid-19 ini dapat segera berlalu, dan keadaan dapat kembali normal, namun sekarang untuk sementara waktu mari bersama saling melindungi, baik diri sendiri, keluarga dan sesama," ujar Selly Mantra. *mis

Komentar