nusabali

Dibantu Beasiswa Selama 3 Tahun

4 Siswa SMP Widyasuara Jadi Anak Asuh LPD Sukawati

  • www.nusabali.com-dibantu-beasiswa-selama-3-tahun

GIANYAR, NusaBali
Empat siswa SMP Widyasuara Desa/ Kecamatan Sukawati diangkat menjadi anak asuh LPD Sukawati.

Terdiri dari Ni Wayan Aristya Khirani asal Banjar Babakan, Ni Kadek Ayu Mulianingsih asal Banjar Gelumpang, I Komang Bugik Arimbawa asal Banjar Tebuana dan Pande Komang Oki Saputra asal Banjar Dlodpangkung. Keempatnya dibantu biaya beasiswa selama 3 tahun hingga lulus SMP.

Ketua LPD Sukawati Putu Pande Gede Wirawan mengatakan besaran beasiswa yang dikucurkan sekitar Rp 1.500.000 per siswa per tahun. Nominalnya bisa berbeda, tergantung besaran iuran SPP di sekolah. "Untuk tahun ini besaran SPP Rp 127.000 per siswa per semester. Itu tinggal dikalikan 6 semester, kami dari LPD bayarkan full sejak awal tahun ajaran," jelas Putu Pande (Tude) ditemui, Kamis (27/8). Meski nominal SPP sekolah tiap tahun mengalami peningkatan, LPD tetap komitmen menanggung biaya sekolah 4 anak asuh ini. "LPD menyesuaikan. Jadi tidak dipatok berapa tanggungan biaya per siswa," jelasnya.

Program beasiswa ini, kata Putu Pande (Tude) sudah digulirkan sejak Tahun Ajaran Baru, Juli 2019 lalu. Per tahun ajaran, LPD baru bisa menanggung 2 siswa. "Tahun ini sudah periode kedua. Jadi total 4 siswa yang ditanggung," terangnya. 


Kriteria penerima beasiswa adalah siswa SMP Widyasuara yang masuk kategori kurang mampu. Prioritas adalah krama Desa Adat Sukawati. Ternyata setelah diprogramkan, cukup banyak yang mengajukan. Sehingga terpaksa pihaknya melakukan seleksi. "Ada pengajuan 6 calon anak asuh sesuai data dari sekolah. Karena kemampuan kami masih terbatas, kami seleksi dengan datang langsung ke rumah calon penerima," jelasnya. 

Beasiswa yang diberikan berupa tanggungan biaya SPP sampai lulus SMP. Dana tersebut, diambil dari dana promosi dan pemasaran LPD Sukawati. Kedepan diharapkan, LPD Sukawati bisa semakin berperan dalam membantu perekonomian masyarakatnya. Terutama dalam pembiayaan pendidikan warga kurang mampu. Kepada penerima beasiswa, pihaknya berharap bisa belajar dengan giat sehingga berhasil mencapai cita-cita di masa mendatang. "Semoga bantuan dari LPD Sukawati bermanfaat dan anak asuh kelak menjadi sukses," harapnyannva. *nvi

loading...

Komentar