nusabali

153,19 Hektare Lahan Tidur di Tabanan

  • www.nusabali.com-15319-hektare-lahan-tidur-di-tabanan

TABANAN, NusaBali
Sedikitnya terdapat 153,19 hektare lahan tidur di Kabupaten Tabanan.

Lahan tidur ini tersebar di enam kecamatan di Tabanan, yaitu di Kecamatan Selemadeg Barat, Selemadeg Timur, Kerambitan, Tabanan, Kediri, dan Marga.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pertanian Tabanan I Nyoman Budana di sela-sela acara jajaran Pemkab Tabanan bersama Yayasan Ekalawya menanam bibit sayuran dan palawija pada lahan tidur di Jalan Sandat No : 712 Bypass Ir Soekarno, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Tabanan, Jumat (21/8).

Kata dia, acara tersebut sebagai tindak lanjut dari arahan Bupati Tabanan Eka Wiryastuti untuk memanfaatkan laham tidur tersebut. Pemkab Tabanan bekerjasama dengan berbagai pihak swasta melaksanakan demplot berbagai jenis sayuran dan palawija. Di antaranya, pepaya, cabai, terung, tomat, bayam, jagung, kangkung dan ubi kayu, dengan tetap mengedepankan budidaya ramah lingkungan. “Melalui demplot ini diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran bagi masyarakat dan lingkungan sekitar, untuk memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif. Dalam upaya meningkatkan produksi pertanian dan meningkatkan kesejahteraan petani,” ujar Budana.

Kegiatan penanaman bibit sayuran dan palawija pada lahan tidur tersebut dihadiri Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. Kegiatan ini sebagai upaya mengoptimalisasi lahan tidur untuk usaha pertanian menuju Tabanan Aman dan Produktif di masa pandemi Covid-19. Bupati Eka mengungkapkan kegiatan yang dilakukan untuk memberi dukungan kepada masyarakat, khususnya petani agar tetap semangat melakukan aktivitas pertanian. "Meskipun ditengah pandemi kita harus tetap produktif, jangan hanya karena ada Covid-19 kita berhenti untuk membuat sesuatu," ujarnya.

Dikatakan, wabah Covid-19 tidak bisa diprediksi, untuk memenuhi ketahanan pangan masyarakat agar bercocok tanam, sehingga bisa meringankan beban di masa pandemi ini. "Manfaatkan lahan yang ada untuk membantu memenuhi ketahanan pangan keluarga," harapnya.

Selain menanam bibit sayuran, pada kesempatan itu Bupati Eka beserta undangan yang hadir juga menyerahkan secara simbolis 60 paket sembako kepada masyarakat sekitar yang terdampak. Serta lakukan panen bayam merah. *des

Komentar