nusabali

Giri Prasta Ajak Sameton Pasek Jaga Persatuan di Tengah Heterogenitas

Lokasabha X MGPSSR Kota Denpasar

  • www.nusabali.com-giri-prasta-ajak-sameton-pasek-jaga-persatuan-di-tengah-heterogenitas

MANGUPURA, NusaBali
Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta selaku Ketua Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi (MGPSSR) Provinsi Bali menghadiri Lokasabha X MGPSSR Kota Denpasar tahun 2020, Kamis (20/8), di pasraman Widya Graha Kepasekan Jl Cekomaria Peguyangan Kangin, Denpasar Utara.

Lokasabha bertema ‘Nyikiang Pikayun Nabdabin Laksana Nyujur Kaluwihan Ngardi Jagadhita’, tersebut dibuka oleh Wakil Walikota Denpasar IGN Jaya Negara.

Dalam sambutannya Giri Prasta menyampaikan terima kasih atas kehadiran dan kesediaan Wawali Denpasar membuka lokasabha X MGPSSR Kota Denpasar 2020. “Saya sangat berterima kasih atas kehadiran Wakil Walikota Denpasar Turah Jaya Negara, serta mengapresiasi pelaksanaan Lokasabha X MGPSSR Denpasar. Siapapun nanti terpilih memimpin MGPSSR Denpasar, saya minta supaya selalu memperhatikan keberadaan sulinggih maupun dadia yang ada di wilayah Kota Denpasar,” ujar Giri Prasta.

Giri Prasta juga meminta kepada pengurus baru MGPSSR Denpasar agar memberikan informasi dan melakukan pendataan keberadaan sameton Pasek mulai tingkat kecamatan sampai tingkat desa.

“Saya akan membantu semua pengurus yang ada di setiap kabupaten/kota dengan memberikan dana operasional Rp 10 juta setiap 3 bulan sekali untuk mendata jumlah sulinggih dan dadia, sehingga kita memiliki database yang valid,” imbuhnya seraya mengajak sameton Pasek untuk selalu bakti ring kawitan, eling ring bisama, dan guyub ring sameton sebagai jati diri warga Pasek sujati dengan selalu berpegang teguh pada sikap saling sumbah, saling parid, dan masidikara.

Giri Prasta juga mengajak sameton Pasek untuk selalu menghindari perselisihan dan menjaga persatuan di tengah heterogenitas masyarakat yang ada saat ini, dengan meneladani Ida Mpu Kuturan yang mampu menyatukan seluruh sekte yang ada di Bali dengan membentuk Tri Sakti Wisesa yang diwujudkan melalui kahyangan tiga dan diemong krama dalam satu wadah desa adat. “Ingat, hanya ada satu matahari di MGPSSR. Saya sebagai nakhoda sudah pasti selalu komitmen untuk meluruskan dan menyelesaikan setiap permasalahan yang ada,” tegasnya

Giri Prasta berpesan kepada IGN Jaya Negara selaku pemimpin di Kota Denpasar agar ikut memperhatikan dan memberikan bimbingan kepada warga Pasek yang ada di wilayahnya. Dan untuk mensukseskan pelaksanaan lokasabha X MGPSSR Kota Denpasar, secara pribadi Giri Prasta menyerahkan dana motivasi sebesar Rp 25 juta. *

Komentar