nusabali

VoB Ikuti Kompetisi Virtual

Usung lagu 'You Raise Me Up' milik Josh Groban, VoB ganti kostum 3 kali

  • www.nusabali.com-vob-ikuti-kompetisi-virtual

JAKARTA, NusaBali
Demi sukses mengikuti kompetisi secara virtual yang diselenggarakan Bandung Choral Society pada 17-22 Agustus 2020 di kategori terbuka, paduan suara Voice of Bali (VoB) mengerahkan segala kemampuannya.

Mengusung lagu You Raise Me Up milik Josh Groban yang dinilai pas untuk situasi saat ini, VoB juga ganti kostum 3 kali untuk melengkapi penampilannya.

Ketika mengikuti kompetisi, lagu di arrangement oleh Gregorius Septo Mulyadi Tagur atau biasa disapa Eto. Eto mengatakan, kostum pertama yang mereka kenakan berwarna putih. Untuk kostum tersebut mereka menggunakan kain yang dililitkan ke tubuh. Kemudian mereka memakai batik lengkap dengan blangkon bagi pria dan disertai kain merah. Ketiga kostum berwarna hitam yang mereka namakan unicorn eks galaxy.

"Kami menggunakan tiga kostum agar sesuai dengan lagu yang dibawakan," ujar Eto kepada NusaBali, Selasa (18/8).

Lagu You Raise Me Up dia arrangement lebih dinamis dan fresh. Dia memilih lagu itu karena sesuai dengan kondisi saat ini yang sedang menghadapi pandemi Covid-19.

Akibat pandemi antara lain banyak orang kehilangan pekerjaan sehingga kondisi memburuk. Melalui lagu itu, mereka ingin mengajak dan menyemangati orang agar keluar dari masalah tersebut. "Untuk itu mari kita bangkit dari keterburukan," tegas Eto.

Bagi Eto lagu You Raise Me Up juga sangat tepat dibawakan dalam kompetisi paduan suara yang digelar Bandung Choral Society dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan ke 75 RI. Lantaran makna lagu mengajak kita untuk berjuang keluar dari masalah. Selain menggunakan tiga kostum berbeda, VoB memakai koreografi pula agar lebih menarik.

Mengenai make up, mereka menangani sendiri karena ada empat orang personil VoB yang memiliki kemampuan make up. Dalam membawakan lagu VoB mengerahkan 23 penyanyi. Mereka melakukan rekaman di sekretariat VoB yang terletak di Tunggak Dingin, Sanur.

Rekaman dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Masing-masing penyanyi rekaman sendiri sampai selesai. Sementara itu proses rekaman berlangsung 1-9 Agustus lalu. Kemudian editing memakan waktu lima hari. Selanjutnya mereka mengirim rekaman pada 14 Agustus.

Kini rekaman mereka telah dilaunching panitia di YouTube. Hingga Selasa sore (18/8) karya mereka ditonton tiga ribu lebih dan di like oleh seribu orang lebih. Nantinya karya mereka dinilai oleh dewan juri yang tidak hanya berasal dari Indonesia. Melainkan ada juri dari Filipina dan Singapura pula.

Penilaian, kata personil Gita Bahana Nusantara tahun 2015 ini, berdasarkan kemampuan vokal dan editing video. "Tidak menutup pula ada award khusus dari jumlah like. Oleh karena itu, kami telah memberitahukan ke teman-teman, saudara dan tetangga agar memberikan like video kami," ucap Eto.

Pengumuman pemenang dilakukan pada 22 Agustus 2020. Mereka bersaing dengan paduan suara dari daerah lainnya. Eto berharap, VoB meraih gelar juara di kompetisi itu. Jika tidak, tidak masalah. Yang terpenting baginya, VoB ikut berpartisipasi dan bisa unjuk diri dalam kompetisi paduan suara.

Lantaran selama ini Bali lebih dikenal dengan masyarakatnya yang pandai menari ketimbang paduan suara. "Dengan ikut kompetisi ini, kami ingin memperlihatkan jika Bali juga punya paduan suara," tegas Eto. *k22

Komentar