nusabali

Penumpang dan Petugas Nyanyikan 'Indonesia Raya'

Peringatan Detik-detik Proklamasi di Bandara Ngurah Rai

  • www.nusabali.com-penumpang-dan-petugas-nyanyikan-indonesia-raya

MANGUPURA, NusaBali
Memperingati detik-detik Proklamasi 17 Agustus, pada Senin (17/8/2020) pukul 11.00 Wita, seluruh calon penumpang dan petugas di Terminal Keberangkatan Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya secara serentak.

Pejabat Tinggi Sementara (PTS) General Manager Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Rahmat Adil Indrawan menerangkan peringatan HUT ke–75 Kemerdekaan RI berbeda dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, banyak kegiatan dan kemeriahan. Namun, kali ini peringatan hanya digelar dengan nuansa khidmat yakni para petugas dan penumpang berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya jelang detik-detik pembacaan proklamasi.

“Secara official tidak melakukan upacara, tapi dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya di terminal domestik. Seluruh penumpang, petugas, maupun pelayan yang ada di area komersial berdiri dan bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan,” tutur Rahmat Adil.

Usai seremoni singkat tersebut, para calon penumpang yang tengah menunggu waktu keberangkatan mendapat pembagian masker dengan tema merah putih. Para personel yang bertugas juga mengingatkan calon penumpang untuk tetap menerapkan physical distancing dan protokol kesehatan saat berada di terminal.

“Meski tidak ada seremoni, kita tetap merasakan nuansa peringatan kemerdekaan. Kami juga terus ingatkan seluruh penumpang untuk tetap menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, kami juga memberikan masker kepada mereka,” kata Rahmat Adil.

Terkait peningkatan pergerakan penumpang dan pesawat di Bandara Internasional Ngurah Rai, Rahmat Adil mengakui adanya pertumbuhan penumpang rute domestik yang terlayani selama periode libur akhir pekan ini (14 – 16 Agustus 2020), dibandingkan dengan periode libur Hari Raya Idul Adha (31 Juli – 2 Agustus 2020). “Sejak 14 Agustus 2020, kita sudah mengalami peningkatan penumpang yang lumayan, sekitar 1.000 hingga 1.500 penumpang per hari, yang kebetulan libur panjang 17 Agustus,” bebernya.

Pada libur Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 31 Juli hingga 2 Agustus 2020 lalu, tercatat total 6.394 penumpang rute domestik memasuki Bali, atau rata-rata 2.131 penumpang per hari. Sementara pada periode libur akhir pekan 14 – 16 Agustus 2020, tercatat sebanyak 11.181 penumpang tiba di Bali melalui penerbangan rute domestik, di mana rata-rata per harinya sebanyak 3.727 penumpang terlayani di Terminal Kedatangan Domestik.

“Jika dibandingkan dengan yang saat ini, terdapat pertumbuhan sebesar 75 persen, serta terdapat pertumbuhan rata-rata harian sebanyak 1.596 penumpang dalam perbandingan kedua periode libur akhir pekan tersebut,” ungkap Rahmat Adil. *dar

loading...

Komentar