nusabali

Belasan Penyelam Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut Penimbangan

  • www.nusabali.com-belasan-penyelam-kibarkan-merah-putih-di-bawah-laut-penimbangan

Pengibaran Merah Putih di bawah laut tersebut dilakukan Senin (17/8) tepat pukul 10.00 Wita dan berlangsung sekitar setengah jam.

SINGARAJA, NusaBali

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 RI di masa pandemi Covid-19 ini ternyata tak hanya dilakukan di daratan saja. Belasan penyelam profesional Bali merayakan HUT RI tahun ini dengan cara yang unik. Mereka mengibarkan bendera di bawah laut di perairan Pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Kecamatan/Kabupaten Buleleng. Bendera Merah Putih tersebut dikibarkan para penyelam di kedalaman 10 meter.

Ketua Umum Perkumpulan Penyelam Profesional Bali, Made Wirawan menuturkan kegiatan 'upacara' di bawah laut ini merupakan agenda rutin para penyelam setiap tahunnya. "Dalam rangka merayakan hari kemerdekaan Indonesia, kali ini kami lakukan pengibaran bendera di Penimbangan," ujarnya saat ditemui NusaBali usai prosesi pengibaran.

Selain melibatkan para penyelam profesional, kegiatan ini juga melibatkan Satuan Polisi Perairan Polres Buleleng serta Kelompok Masyarakat Pengawas Penimbangan Lestari. Prosesi ini dilakukan dengan formasi kemerdekaan yakni 17 orang sebagai penyelam di dasar laut, 8 orang mengibarkan bendera di permukaan laut serta 45 orang berada di pinggir pantai untuk melakukan kegiatan bersih-bersih.

Dipilihnya kawasan Pantai Penimbangan tak terlepas dari kawasan ini merupakan kawasan wisata dengan keindahan bawah laut yang sudah cukup dikenal di Kabupaten Buleleng. Pihaknya berharap setelah kegiatan ini agar semua pihak menjadi lebih tergugah untuk bisa mencintai lautan dan semua biota laut termasuk menjaga kelestarian bawah laut di Pantai Penimbangan. "Mudah-mudahan ke depan bisa kita ekspos agar bisa menjadi wisata unik yang ada di Buleleng," tukasnya.*cr75

loading...

Komentar