nusabali

Vinales Rebut Pole MotoGP Austria

Dovizioso Tinggalkan Ducati Akhir 2020

  • www.nusabali.com-vinales-rebut-pole-motogp-austria

Dovizioso akan meninggalkan Ducati setelah musim 2020 berakhir. Hal itu sekaligus mengakhiri kemitraan delapan tahun antara Dovizioso dan tim pabrikan asal Italia itu.

SPIELBERG, NusaBali

Rider Yamaha Maverick Vinales akan memimpin start MotoGP Austria, setelah menaklukkan Sirkuit Red Bull Ring di babak kualifikasi, Sabtu (15/8). Pebalap asal Spanyol itu mencetak waktu terbaik satu menit 23,450 detik untuk menyingkirkan pebalap tim Pramac Racing Jack Miller ke posisi kedua dengan margin 0,068 detik.

Pemuncak klasemen Fabio Quartararo (Petronas Yamaha) jadi pebalap Yamaha kedua yang start dari baris terdepan, setelah terpaut 0,087 detik dari Vinales. Sedangkan Juara GP Austria 2019 Andrea Dovizioso akan melancarkan serangannya dari baris kedua setelah hanya mampu mengamankan P4.

Pol Espargaro yang menguasai sesi latihan bebas dengan KTM akan start dari P5 di depan pebalap Suzuki Joan Mir. Lalu  Franco Morbidelli (Petronas Yamaha) mengungguli Alex Rins (Suzuki Ecstar) untuk start P6 sedangkan Johann Zarco menempati slot terakhir di baris ketiga itu setelah berjuang lolos dari Q1.

Valentino Rossi juga harus menempuh Q1 setelah gagal finis sepuluh besar di sesi latihan. The Doctor mendapati hasil kualifikasi terburuknya musim ini di P12, di belakang Takaaki Nakagami (LCR Honda) dan Miguel Oliveira (KTM Tech 3), kendati selisih catatan ke-12 pebalap yang bertarung di Q2 dalam rentang 0,5 detik.

Test rider Ducati Michele Pirro ditugasi menggantikan Francesco Bagnaia (Pramac Racing) yang cedera lutut. Sedangkan Marc Marquez juga melewatkan balapan untuk ketiga kalinya setelah cedera tulang humerus di GP Spanyol dan digantikan sementara oleh test rider Honda Stefan Bradl.

Sementara khabar mengejutkan dari Dovizioso, yang akan meninggalkan Ducati setelah musim 2020 berakhir. Hal itu sekaligus mengakhiri kemitraan delapan tahun Dovizioso dengan tim pabrikan asal Italia itu.

Demikian dikatakan manajer Simone Battistella pada Sabtu. Menurut  Dovizioso (34), telah memenangi 13 balapan sejak bergabung dengan Ducati pada 2013, dan finis runner-up kejuaraan di tiga musim terakhir, akan tetapi pembicaraan soal perpanjangan kontrak menemui jalan buntu.

"Kami telah berkomunikasi dengan Ducati tapi Andrea memutuskan bahwa, terlepas apakah Ducati ingin membuat kontrak atau tidak, dia tidak ingin meneruskan di masa depan. Dia lebih memilih untuk fokus membalap dan mencoba melakukan yang terbaik di kejuaraan.ini," kata Battistella di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Manajer tim Ducati Davide Tardozzi mengatakan, Ducati akan memutuskan masa depan Dovi setelah melihat performanya di dua balapan di Austria dalam dua pekan ini. Namun ternyata Dovi mengambil keputusan terlebih dulu. *ant

Komentar