nusabali

Bersama Relawan Covid-19, Putri Koster Aksi Sosial di Klungkung

  • www.nusabali.com-bersama-relawan-covid-19-putri-koster-aksi-sosial-di-klungkung

DENPASAR, NusaBali
Pandemi Covid-19 yang melanda dunia membuat semua komponen masyarakat bergerak. Ketua Tim Penggerak (TP PKK) Provinsi Bali, Ni Putu Putri Suastini Koster (Ny Putri Koster) melakukan aksi sosial bersama relawan dan Satgas Covid-19 Provinsi Bali di Pelabuhan Tribuana, Desa Kusamba, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Sabtu (15/8).

Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny Putri Koster beserta anggota TP PKK Provinsi Bali, para relawan serta Satgas Covid 19 Provinsi Bali kali ini turun ke tengah masyarakat  melakukan berbagai kegiatan sosial di Pelabuhan Penyeberangan Tribuana, Desa Kusamba didampingi Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta.   Dalam arahannya, Ny Putri Koster menyampaikan apresiasi atas semangat dari para relawan yang secara terus menerus melakukan aksi sosial di tengah masyarakat di seluruh kabupaten/kota  se-Bali dalam upaya penanganan Covid-19 di Provinsi Bali.

"Dengan semangat dari para relawan dan kolaborasi antara masyarakat dan pemerintah, Bali bisa menekan penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat dan mendapat apresiasi yang luar biasa dari pemerintah pusat  terkait upaya penanggulangan Covid-19," ujar seniman yang jago puisi ini. Menurut Putri Koster apresiasi dan keberhasilan ini tidak terlepas dari semangat gotong-royong, saling tolong menolong semua elemen di Bali.  

"Semangat sagilik-saguluk salunglung sabayantaka, paras paros sarpanaya, saling asah, asih dan asuh yang merupakan kearifan lokal kita. Semua komponen masyarakat bersemangat, saling mendukung, saling membantu, dan  bersama-sama kita bangkit dari situasi ini. Seberat apapun permasalahan kita hadapi, jika kita bersatu, bersemangat kita pasti akan menemukan solusi yang tepat," ujar perempuan kelahiran Desa Padangsambian Kaja, Kecamatan Denpasar Barat ini.  Putri Koster yang akrab  dipanggil Bunda Putri ini mengajak para relawan serta satgas agar tidak pernah lelah dan terus bersemangat dalam melakukan aksi sosial  terlebih semua belum tahu kapan virus ini akan berakhir. Demikian pula halnya dengan PKK juga akan terus melakukan berbagai kreativitas serta aksi sosial dalam upaya penanganan Covid 19, seperti melalui Gebrak Masker Mandiri untuk Bali,  serta kegiatan berbagi sembako kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan. "Pendistribusian sembako dan masker ini sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama bukan bertujuan untuk memanjakan. Kita harus mandiri, kita lawan, kita bisa dan pasti kita menang melawan Covid-19," ujarnya.

Sementara itu Kasat Pol PP Provinsi Bali, Dewa Nyoman Rai Darmadi, yang mendampingi Putri Koster menyampaikan bahwa aksi sosial kemarin diikuti 15 organisasi relawan Satgas Covid 19 Provinsi Bali bidang keamanan, di antaranya Pecalang Bali, Palang Merah Indonesia (PMI), ORARI, RAPI, Bali Rescue dan SAI Rescue. "Para relawan ini sudah lima bulan melakukan aksi sosial serta edukasi tidak hanya di seluruh Bali, namun sampai di Ketapang, Banyuwangi," ujar birokrat asal Nusa Penida Klungkung ini.

Dalam aksi sosialnya, para relawan kemarin membagikan paket sembako, APD serta mengedukasi masyarakat terkait protokol kesehatan dan pola hidup bersih dan sehat. Para relawan melakukan aksi sosialnya dengan penuh semangat sehingga dapat ikut berkarya dan membantu pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19 di Provinsi Bali.

"Kita semua seluruh lapisan masyarakat bersama sama, bergotong-royong agar bisa bangkit dari situasi ini," tambah Dewa Darmadi. Dalam aksi sosial yang mengusung tema 'Mendorong Bali Bangkit Dalam Tatanan Bali Era Baru Melalui Semangat Hari Jadi ke-62 Provinsi Bali dan HUT RI ke- 75’ ini turut dihadiri jajaran TNI/Polri serta jajaran Satpol PP Provinsi Bali dan Kabupaten Klungkung. *nat

Komentar