nusabali

Audiobookportal.com Resmi Dirilis, Kini Buku Fisik Hadir dalam Bentuk Suara

  • www.nusabali.com-audiobookportalcom-resmi-dirilis-kini-buku-fisik-hadir-dalam-bentuk-suara

DENPASAR, NusaBali
Perkembangan jaman membawa kebiasaan baru. Era digital membuat masyarakat disuguhi hiburan-hiburan berupa audio dan visual. Perlahan-lahan, kebiasaan membaca buku pun tergeser.

Namun dengan kehadiran audiobook, di mana isi sebuah buku dihadirkan dalam bentuk suara, menjadi salah satu solusi untuk tetap menyimak isi sebuah buku tanpa meninggalkan aktivitas. Apalagi, buku yang diceritakan langsung oleh penulisnya membarikan pengalaman tersendiri.

Berangkat dari ide tersebut, audiobookportal.com hadir menjadi wadah yang memfasilitasi para penulis yang ingin mencoba mengembangkan karyanya dalam sebuah media baru dari bentuk buku ke bentuk suara. Layanan jasa pembuatan audiobook pertama di Bali ini diluncurkan secara resmi pada konferensi pers yang berlangsung di Antida Music Productions yang berlokasi di Jalan Waribang nomor 32, Kesiman, Denpasar Timur, Jumat (14/8).

Gagasan untuk menghadirkan portal audiobook ini datang di tengah-tengah pandemi. “Pada saat di rumah aja, kita semua butuh hiburan. Pasti sebagian besar juga menghabiskan waktu untuk membaca. Selain membaca juga mendengarkan podcast, ataupun YouTube, kelas webinar. Di situ saya terbersit setelah Marlowe dan Ajik Anom (Anom Darsana, red) mengajak, kenapa kita tidak membuat audiobook,” ungkap Kadek Purnami, penulis antologi cerpen Sebab Cinta yang kini tersedia dalam bentuk suara oleh audiobookportal.com.


Saat ini, audiobookportal.com telah hadir dengan beberapa audiobook yang sudah tersedia, salah satunya antologi cerpen berjudul Sebab Cinta karya penulis Kadek Purnami, yang pada audiobook tersebut juga menjadi penutur kedua belas cerpen di dalamnya dengan iringan aransemen musik dari berbagai musisi, seperti Wayan Balawan, Wayan Gde Yudane, Yuri Mahatma, Astrid Sulaiman, Angga Waskita, Komang Sraya, Dayu Ana, dan pianis asal Jerman, Mick Baumeister.

“audiobookportal.com ini telah memiliki portofolio kurang lebih tujuh atau delapan karya dari berbagai macam genre. Dari fiksi, kemudian non-fiksi, ada yang berbahasa Inggris, ada yang berbahasa Indonesia, dan pastinya ada yang berbahasa Bali,” ujar Marlowe Bandem, salah satu pendiri audiobookportal.com yang juga merupakan seorang pegiat kreatif. 

Selain antologi cerpen oleh Kadek Purnami, terdapat beberapa karya lainnya yang telah digarap yang juga menggaet beberapa maestro dongeng Bali. Beberapa karya ini, yakni tiga buah cerita dari Clean Bali Series yang berbahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa Bali, yang melibatkan maestro dongeng Made Taro sebagai penutur cerita. Selain itu, ada juga sebuah novel karya jurnalis Kompas, Putu Fajar Arcana, yang berjudul Gandamayu, dan karya-karya lainnya. 


Peluncuran audiobook.com secara resmi juga diisi dengan pembacaan langsung antologi cerpen ‘Sebab Cinta’ oleh Kadek Purnami diiringi petikan gitar oleh musisi Yuri Mahatma. Selain itu, ada pula tur singkat ke studio yang menjadi lokasi perekaman audiobook tersebut. 

“Proses pembuatan audiobook cukup unik, melalui beberapa tahapan teknis di mana nantinya para penulis dapat membacakan langsung karyanya atau bisa menunjuk penutur untuk mewakili membacakannya. Setelah proses recording berlangsung kami akan mengedit atau mengatur suara hasil rekaman, menggabungkannya, memotong bagian yang tidak perlu, dan menjadikan suatu kesatuan audiobook yang utuh. Kemudian mixing dengan menambahkan beberapa efek dan ilustrasi musik di mana kami juga bekerjasama dengan para musisi hingga proses akhir, mastering karya audiobook dan diap untuk dipublikasikan ke berbagai platform,” lanjut Anom Darsana, pendiri Antida Music Production yang juga pendiri audiobookportal.com.*cr74

Komentar