nusabali

Dari 133 Desa di Tabanan, Baru 23 yang Kantongi SK Desa Wisata

  • www.nusabali.com-dari-133-desa-di-tabanan-baru-23-yang-kantongi-sk-desa-wisata

TABANAN, NusaBali
Potensi desa untuk dijadikan desa wisata di Kabupaten Tabanan sangat beragam.

Namun dari 133 desa yang ada, baru 23 desa yang mengantongi SK Desa Wisata. Masih sedikitnya desa di Tabanan yang memiliki SK Desa Wisata, karena dalam pembentukan desa wisata harus didukung dengan potensi desa yang ada.

Kepala Dinas Pariwisata Tabanan I Gede Sukanada, Kamis (13/8), menjelaskan dari 133 desa memang baru sedikit desa yang mengantongi SK Desa Wisata. Sebab untuk menjadikan desa wisata memerlukan persiapan yang matang, serta harus didukung dengan potensi desa.

Kata Sukanada, desa wisata dibuat dengan harapan selain mampu mendongkrak perekonomian, juga dipercaya membangkitkan semangat masyarakat untuk senantiasa menjaga alam dan lingkungannya dengan baik. Termasuk pembentukan desa wisata untuk mengantisipasi alih fungsi lahan.

“Kami juga berharap desa yang sudah mengantongi SK Desa Wisata tidak hanya label saja, tetapi benar-benar berkembang memiliki peran mendukung dan memberikan kontribusi positif dalam perkembangan pariwisata pertanian itu sendiri,” beber Sukanada.

Oleh karena itu agar desa yang sudah mengantongi SK Desa Wisata tetap berkembang, Dinas Pariwisata Tabanan sudah melakukan pembinaan sekaligus monitoring dan evaluasi. Ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi di masing-masing desa wisata.

“Dalam evaluasi beberapa kali kami melihat di lapangan, pada umumnya kendala yang dihadapi masih belum adanya lembaga atau badan yang siap mengelola agar tata kelolanya jelas, meski salah satu persyaratan desa wisata harus menyiapkan kelompok sadar wisata. Ini yang masih terus kami bina,” tandas Sukanada.

Di Tabanan, desa wisata yang selama ini sudah dikenal baru Desa Wisata Pinge di Desa Tua, Kecamatan Marga, dan Desa Wisata Nyambu di Desa Nyambu, Kecamatan Kediri. Setiap harinya di Desa Wisata Pinge selalu dikunjungi wisata yang sifatnya group. Ada sejumlah paket yang ditawarkan untuk dapat menikmati keasrian Desa Wisata Pinge.

Sementara di Desa Wisata Nyambu banyak dikunjungi oleh wisatawan asing. Ada tiga paket andalan Desa Wisata Nyambu yang menjadi potensi unggulan yakni susur sawah, susur budaya, dan susur sepeda. *des

loading...

Komentar