nusabali

SDN 3 Bajera Terbakar, Siswa Dipindah

  • www.nusabali.com-sdn-3-bajera-terbakar-siswa-dipindah

Para orangtua sepakat memindahkan anaknya yang sekolah di SDN 3 Bajera ke SDN 1 dan SDN 2 Bajera.

TABANAN, NusaBali

Pasca SDN 3 Bajera di Desa Bajera, Kecamatan Selemadeg terbakar, orangtua siswa pindahkan anaknya ke SDN 1 dan SDN 2 Bajera. Pemindahan tersebut bukan karena ada masalah, tetapi murni keinginan orangtua lantaran kondisi gedung SDN 3 Bajera sudah hangus.

Kepala Dinas Pendidikan Tabanan I Nyoman Putra, menjelaskan pemindahan siswa ke SDN 1 dan SDN 2 Bajera karena keinginan orangtua. ”Mungkin karena melihat kondisi gedung sekolah, sehingga para orangtua sepakat memindahkan anaknya. Jadi bukan karena ada masalah,” kata Nyoman Putra, Selasa (11/8).

Dengan dipindahnya siswa belajar ke SDN 1 dan SDN 2 Bajera, dirasa lebih bagus. Sebab kekurangan guru yang ada di tiga sekolah ini menjadi terpenuhi, karena muridnya digabung. “Jadi ini lebih bagus, karena ketika siswa SDN 3 Bajera sudah dipindahkan, guru juga ikut dibagi,” kata Nyoman Putra.

Menurut Nyoman Putra pemindahan sekarang sedang proses. Termasuk segera melakukan pemetaan dengan melibatkan masyarakat untuk bisa membagi siswa. “Pemetaan ini untuk membagi siswa, siapa saja yang akan pindah ke SDN 1 atau ke SDN 2 Bajera,” tandasnya.

Nyoman Putra menambahkan, seandainya siswa tidak pindah, pembangunan kembali gedung sekolah masih sangat mungkin dilakukan. Karena kebakaran masuk di sub kegiatan bencana, bisa dilakukan pembangunan di tahun 2021. “Sekolah terbakar masuk kategori bencana. Jadi bisa dibangun di tahun 2021. Hanya saja orangtua siswa menginginkan anak-anaknya disekolahkan saja di SDN 1 dan SDN 2 Bajera,” tutur Nyoman Putra.

Sementara itu, Perbekel Bajera I Putu Sukarata membenarkan pemindahan siswa dari SDN 3 Bajera ke SDN 1 dan SDN 2 Bajera atas keinginan orangtua. Pemindahan siswa bukan karena ada masalah, tetapi atas keinginan orangtua agar siswa digabung. “Malah bagus, dan sudah disetujui dinas. SDN 1 Bajera dan SDN 2 Bajera ini favorit,” ujarnya.

Untuk saat ini terkait proses pemindahan masih menunggu tindak lanjut dari Dinas Pendidikan Tabanan. “Masih proses pemindahannya. Jumlah siswa di SDN 3 Bajera sebanyak 116 orang dari kelas 1 sampai kelas 6,” imbuh Sukarata.

Berita sebelumnya, SDN 3 Bajera terbakar pada Sabtu (4/7/2020). Ada 4 ruangan yang terimbas akibat kebakaran bulan lalu itu. Empat ruangan dimaksud adalah ruang kepala sekolah gabung dengan ruang guru, ruang kelas 5, ruang kelas 6, ruang mes, dan kamar mandi. Sementara ruangan lain juga terimbas, namun dengan kerusakan kategori ringan. Penyebab kebakaran diduga karena korsleting listrik, dengan kerugian material diperkirakan Rp 700 juta. *des

loading...

Komentar