nusabali

Pasca Pembukaan Pariwisata Khusus Domestik

Pengunjung Pantai Melasti dan Pandawa Masih Minim

  • www.nusabali.com-pasca-pembukaan-pariwisata-khusus-domestik

MANGUPURA, NusaBali
Sejak dibukanya pariwisata khusus domestik pada 31 Juli lalu, obyek wisata Pantai Pandawa yang terletak di Desa Kutuh dan Pantai Melasti yang terletak di Desa Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan belum ada pergerakan pengunjung yang signifikan.

Bahkan, dalam catatan sepekan ini, justru terjadi penurunan per harinya. Ketua Pengelola Pantai Pandawa, I Wayan Kasim menerangkan, sejak dibukanya pariwisata khusus domestik, pihaknya mencatat hanya pada awal pembukaan saja yang banyak wisatawan ke obyek wisata itu. Pada Jumat (31/7) lalu, tercatat ada 3.521 orang yang datang. Sementara, untuk hari berikutnya, hanya ada 400 hingga 500 orang yang masuk. Dengan rata-rata per hari kunjung itu, dia mengakui terjadinya penurunan pasca dibukanya pariwisata khusus domestik tersebut. "Rata-rata pengunjung itu 400 orang per hari. Hanya saat awal pembukaan saja yang cukup banyak," ujarnya, Jumat (6/8) siang.

Menurut dia, sebagain besar wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata yang terkenal dengan tebingnya itu, adalah wisatawan domestik. Meski demikian, tetap ada wisatawan asing yang datang. Biasanya, sebelum wabah global Covid-19, kunjungan di obyek wisata Pantai Pandawa itu mencapai 2.000 setiap harinya. "Saat ini memang belum pulih. Kalau Pantai Pandawa ini memang kebanyakan yang datang domestik. Namun, semenjak dibuka pariwisata khusus domestik, belum ada pergerakan signifikan. Meski demikian, kita tetap membuka akses serta menerapkan protokol kesehatan saat menjalani tatanan kehidupan era baru ini," urai Wayan Kasim.

Tidak jauh berbeda dengan Pantai Pandawa, pengunjung di Pantai Melasti juga tercatat menurun. Hal ini diungkapkan langsung oleh Asisten Manager Pengelola Obyek Wisata Pantai Melasti, I Made Wijana. Meski tidak merinci secara pasti total penurunan kunjungan itu, Wijana mengakui bahwa setelah pembukaan pariwisata khusus domestik tidak bisa menekan angka  kunjungan wisatawan per hari di obyek wisata itu. "Kami mengalami penurunan untuk sementara ini. Bahkan pembukaan pariwisata khusus domestik belum ada perubahan," urainya seraya berharap ke depannya kunjungan mulai naik.

Untuk diketahui, Pantai Melasti yang terletak di Desa Ungasan Kecamatan Kuta Selatan, Badung ini sudah di buka sejak 1 Juli lalu. Dalam catatan pihak pengelola, kunjungan wisatawan ke obyek tersebut mencapai 35.062 orang hingga Rabu (23/7) lalu. Pada hari pertama pembukaan, sudah ada 1.313 yang datang yang terdiri dari  1.076 wisatawan domestik dan 237 wisatawan asing. *dar

loading...

Komentar