nusabali

500 PBSU di Karangasem Cair

  • www.nusabali.com-500-pbsu-di-karangasem-cair

AMLAPURA, NusaBali
Sejumlah penerima Program Bantuan Stimulus Usaha (PBSU) mulai mencairkan bantuan di Kantor Bank BPD Cabang Pembantu Kecamatan Karangasem, Jalan Kesatrian Amlapura, Jumat (7/8).

Hanya saja Kadis Koperasi dan UKM Karangasem, I Nengah Toya, tidak mengetahui berapa banyaknya yang cair dan di lokasi mana pencairannya. Tiap penerima mendapatkan Rp 600 ribu per bulan selama Mei, Juni, dan Juli 2020.

Informasi yang telah cair di Desa Datah Kecamatan Abang dan Desa Tianyar Kecamatan Kubu. Perbekel Desa Datah, I Gede Arta, mengakui bantuan PBSU mulai cair. Warga penerima bantuan langsung mencairkan ke Bank BPD Cabang Pembantu Kecamatan Abang. Bantuan yang mulai cair untuk 49 UMKM (usaha mikro kecil menengah) di Banjar Kedampal, Banjar Kelodan, Banjar Tegallanglangan, Banjar Tindih, dan Banjar Asah Dulu. “Warga penerima bantuan PBSU langsung menghubungi Kantor Bank BPD terdekat,” jelas I Gede Arta.

Berbeda dengan di Desa Tianyar, Kecamatan Kubu, bantuan yang telah direalisasikan tetapi tidak diketahui jumlah penerima dan nama-nama penerimanya. Anggota DPRD Karangasem dari Kecamatan Kubu I Nyoman Musna Antara yang memantau pencairan tidak dapat informasi. “Katanya bantuan PBSU sudah cair, tetapi saya tidak dapat informasi dari Desa Tianyar. Ditanya ke pihak Dinas Koperasi dan UKM, tidak tahu penerima bantuan itu,” kata I Nyoman Musna Antara.

Kadis Koperasi dan UKM, I Nengah Toya, mengakui tidak dapat informasi tentang penerima maupun pencairannya. Sebab tidak ada tembusan ke Kantor Koperasi dan UKM. “Saya sendiri tidak tahu, siapa-siapa yang dapat bantuan PBSU dan kapan cairnya. Sampai saat ini tidak ada tembusan ke Kantor Dinas Koperasi dan UKM," kata I Nengah Toya. Padahal yang merekomendasi usulan UMKM agar dapat bantuan hasil dari verifikasi Dinas Koperasi dan UKM Karangasem. "Maksudnya apakah yang dapat bantuan UMKM itu sudah cocok dengan yang diusulkan Dinas Koperasi dan UKM sebelumnya, sehingga saya perlu dapat tembusan," jelas I Nengah Toya.

Sebelumnya, sebanyak 500 UMKM kebagian PBSU di Kecamatan Karangasem dari Provinsi Bali, usulannya 13.767 UMKM. Bantuan yang sudah cair sebanyak 500 UMKM di Kecamatan Karangasem. Untuk Desa Bugbug sebanyak 138 UMKM, Desa Bukit sebanyak 26 UMKM, Desa Seraya Barat sebanyak 24 UMKM, Kelurahan Padangkerta sebanyak 35 UMKM, dan lain-lain. Tiap UMKM menerim Rp 600.000 per bulan selama Mei, Juni, Juli. Syarat menerima bantuan PBSU mesti memiliki rekening Bank BPD Bali, surat keterangan dari perbekel untuk menguatkan memang benar memiliki unit usaha UMKM, dan surat permohonan.

Menurut Nengah Toya, PBSU merupakan bagian dari realisasi bantuan JPS (jaring pengaman sosial) agar pemilik unit usaha UMKM tetap bisa bertahan, terutama yang kena dampak Covid-19. Tujuan PBSU untuk memulihkan ekonomi kerakyatan yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Minimal telah memiliki modal untuk biaya operasional. *k16

loading...

Komentar