nusabali

Bupati Instruksikan Hari Ini Bangunan Diperbaiki

Pasca Kebakaran, Bupati Giri Prasta Tinjau Pasar Desa Adat Penarungan

  • www.nusabali.com-bupati-instruksikan-hari-ini-bangunan-diperbaiki

Lapak milik 68 pedagang di Pasar Desa Adat Penarungan hangus terbakar, dengan kerugian material sekitar Rp 100 juta hingga Rp 150 juta.

MANGUPURA, NusaBali

Pasar Desa Adat Penarungan, Kecamatan Mengwi, terbakar pada Selasa (4/8) dinihari. Siang harinya, Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta seusai menghadiri rapat paripurna dengan DPRD Badung, langsung meninjau pasar serta menginstruksikan agar bangunan yang rusak langsung diperbaiki pada Rabu (5/8) hari ini.

Musibah kebakaran itu menghanguskan lapak milik 68 pedagang, dengan perkiraan kerugian material sekitar Rp 100 juta hingga Rp 150 juta.

Saat meninjau lokasi kejadian, Bupati Giri Prasta menyampaikan akan segera melakukan perbaikan atap bangunan pasar yang rusak.

“Kami di Kabupaten Badung memiliki unit reaksi cepat dalam menanggulangi bencana. Apalagi dalam musibah kebakaran 15 menit waktu respons time yang dimiliki oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk bekerja. Di sini kita terapkan cross cutting program terhadap 3 atau 4 OPD yang bertugas bersamaan. Bagaimana kita menyelamatkan bangunan yang terbakar, menyelamatkan orang maupun menyelamatkan bangunan yang ada di sekitarnya,” ujar Bupati Giri Prasta.

Sebagai bentuk respons cepat, Bupati Giri Prasta memerintahkan agar bangunan pasar yang terbakar segera diperbaiki. “Mulai besok (Rabu hari ini) kami akan mulai bekerja memperbaiki bangunan pasar ini, agar masyarakat dan pedagang kita tidak terlalu lama direlokasi,” tandas bupati asal Desa Pelaga, Kecamatan Petang, itu.

Saat meninjau lokasi kebakaran, Bupati didampingi anggota DPRD Badung Nyoman Satria dan Made Yudana, Kadis Kebakaran dan Penyelamatan I Wayan Wirya, Kadis PUPR IB Surya Suamba, dan Kepala BPBD Bagus Nyoman Wiranata.

Bupati disambut Camat Mengwi Nyoman Suhartana, Pj  Perbekel Penarungan Wayan Narayana, Bendesa Adat Penarungan Made Widiada, LPM, tokoh masyarakat setempat, dan pedagang yang menjadi korban kebakaran.

Atas respons itu, Bendesa Adat Penarungan Made Widiada mewakili masyarakat menyampaikan terima kasih kepada Bupati Badung dan jajaran pemerintah daerah yang memberikan respons sangat cepat dan sigap dalam menangani kebakaran Pasar Desa Adat Penarurangan.

“Kami mewakili masyarakat Desa Penarungan menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati Badung atas respons cepat untuk memperbaiki bangunan pasar yang rusak akibat musibah kebakaran,” kata Widiada. *asa

Komentar