nusabali

Realisasi Belanja Modal KPPN Singaraja Baru 20 Persen

  • www.nusabali.com-realisasi-belanja-modal-kppn-singaraja-baru-20-persen

Beberapa kegiatan direfocusing karena  pandemi sehingga harus ada perubahan prioritas anggaran.

SINGARAJA, NusaBali
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Singaraja mewilayahi Buleleng dan Jembrana, mulai mengambil ancang-ancang memaksimalkan realisasi anggaran. Terutama dari belanja modal yang semester I ini baru terealisasi 20 persen. Puluhan Satuan Kerja (Satker) dibawah naungan KPPN Singaraja sedang merancang strategi menaikkan realisasi hingga 90 persen di akhir semester II mendatang.

KPPN Singaraja selaku Kuasa Bendahara Umum Negara (BUN) penyalur Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di dua kabupaten menyalurkan Daftar Isi Penerima Anggran (DIPA) sebesar Rp 1.372.569.125.000 pada 67 satker. Sedangkan yang baru teralisasi di semester I sebesar Rp 687.823.522.820 atau 50,11 persen. Kepala KPPN Singaraja Jordan, ditemui usai menyerahkan KPPN Singaraja Award, Selasa (28/7), mengatakan dari realisasi anggaran tahun ini serapan realisasi terendah ada di belanja modal. “Ini menjadi ‘PR’ kami untuk peningkatan belanja modal setelah relaksasi anggaran di semester I. Karena beberapa kegiatan direfocusing karena  pandemi sehingga harus ada perubahan prioritas anggaran,” ucap Jordan.

Namun dengan arahan Presiden RI Joko Widodo untuk mengejar realisasi anggaran yang masih tertinggal, segera dilakukan di triwulan ketiga tahun ini. “Tergetnya di semester kedua ini bisa capai 90 persen untuk pemulihan ekonomi nasional, 10 persen sisanya dari pagu memang ada efesiensi,” imbuh dia.

Puluhan satker di bawah naungan KPPN Singaraja saat ini diarahkan segera melakukan belanja modal. Namun tetap mengutamakan kualitas, transparansi, akuntabel, validitas, dapat dipertangungjawabkan dan bisa dilihat outputnya secara fisik oleh masyarakat. Sementara itu untuk realisasi anggaran di semester I, sebagai motivasi satker yang sudah bekerja sangat memuaskan diberikan penghargan berupa award. Award dengan empat kategori itu diberikan kepada 33 satker yang sudah bekerja sangat maksimal.

Kategori sangat pagu kecil best performace diraih oleh Pengadilan Negeri Negara sebagai terbaik I, kemudian disusul Kantor Kementerian Agama di posisi terbaik kedua dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buleleng. Kategori pagu kecil Juara I, II, III berturut-turut diraih oleh Pengadilan Agama Negara, BNN Kabupaten Bueleng dan Pengadilan Agama Singaraja. Sedangkan kategori pagu sedang Juara I diraih Gedung Keuangan Negara Singaraja, disusul MTs Negeri 1 Buleleng dan Pengadilan Negeri Negara sebagai Juara III. Pada kategori pagu besar posisi pamuncak diraih Polres Jembrana, kemudian disusul Polres Buleleng dan SPN Polda Bali di posisi terbaik ketiga.

KPPN Singaraja juga memberikan apresiasi pada Rindam IX/Udayana atas kenaikan kinerja sebagai satker pagu besar terbaik di posisi IV. “Target kami ingin memastikan pelaksnaan APBN di Satker pusat di daerah maupun Pemda berjalan baik sesuai dengan peraturan dan perundang-undangannya. Sehingga kalau ingin wilayah bebas korupsi itu bisa lebih menjadi dasar, dalam proses LKPP opini WTP ke BPK, bisa memberi kontribusi di daerah,” tegas Jordan. *k23

loading...

Komentar