nusabali

Belasan Jenazah Dititip di RSUD

  • www.nusabali.com-belasan-jenazah-dititip-di-rsud

Ruang Jenazah Sedap Malam, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sanjiwani Gianyar kini berisi belasan jenazah.

GIANYAR, NusaBali
Penitipan jenazah ini terjadi setiap enam bulan, kerana masyarakat Bali umumnya mengubur atau mengabenkan jenazah sesuai ayuning dewasa atau hari baik berupacara.

Pantaun NusaBali, Kamis (29/9) di Ruang Sedap Malam, terlihat beberapa warga yang membawa sodahan untuk jenazah. Salah seorang warga menyampaikan, jenasah keluarga yang dititipkan tersebut akan dibawa pulang setelah Pegat Uwakan. Selanjutnya, umat Hindu umumnya memilih dewasa ayu untuk melaksanakan upacara Pitra Yadnya.

Direktur RS UD Sanjiwani dr Ida Komang Upeksa menyampaikan saat ini ada 18 jenasah yang dititipkan di Ruang Sedap Malam. Pihak keluarga yang menitipkan jenazah mengeluarkan biaya Rp 50.000. "Petugas akan melakukan perawatan kepada jenazah-jenazah yang dititipkan. Petugas dibagi per sift untuk menjaga jenazah ini," jelasnya. Disebutkan, kapasitas ruangan ini untuk 20 jenazah.

Disampaikan pula, jika penitipan jenazah lebih dari 20 jenazah, maka akan diupayakan solusi. "Rumah sakit ini milik bersama, tentu bagaimana pihak rumah sakit berupaya membatu,’’ ungkapnya.

Salah satu penjaga di Ruang Sedap Malam, Dewa Suparta,53, menjelaskan, saat ini kapasitas ruang masih memadai. Berbeda dengan enam bulan lalu, ruang sedap malam sampai full. "Mungkin karena sudah pilihan kremasi, jadi tidak perlu menitipkan jenazah," ungkapnya. * cr62

Komentar