nusabali

831 Pedagang Segera Direlokasi

Revitalisasi Pasar Umum Sukawati

  • www.nusabali.com-831-pedagang-segera-direlokasi

Selanjutnya, bangunan pasar di jantung Kota Kecamatan Sukawati itu akan segera dibongkar.

GIANYAR, NusaBali

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gianyar kini sedang membangun pasar relokasi untuk menampung para pedagang. Karena Pasar Umum Sukawati akan direvitalisasi. Pasar relokasi ini di tikungan Jalan Raya Pantai Purnama, Banjar Gelumpang, Desa/Kecamatan Sukawati.

Pasar darurat tersebutr untuk menampung 831 pedagang. Selanjutnya, bangunan pasar di jantung Kota Kecamatan Sukawati itu akan segera dibongkar. Pembangunan pasar umum ini hampir bersamaan dengan revitalisasi Pasar Seni Sukawati.

Pantauan di lapangan, Minggu (26/7), pembangunan pasar relokasi dengan Kontrak Nomor: 027/049-pasar penampungan/Disperindag/2020 ini sedang digarap. Sejumlah alat berat masih meratakan lahan. Proyek ini mulai dikerjakan 9 Juli 2020 selama 135 hari kalender. Proyek senilai Rp 5.711.200.000 ini digarap oleh Konsultan Perencana CV Tataring Bali, Kontraktor Pelaksana PT Karya Dinamis Mesari dan Konsultan Pengawas CV Bali Becik.

Kapala Disperindag Gianyar Luh Gede Eka Suary mengakui, ada 831 pedagang akan direlokasi ke pasar darurat itu. Dia tidak dapat menjelaskan rincian pedagang dimaksud. Saat dikonfirmasi terkait kapan Pasar Umum Sukawati akan dibangun, Bupati Gianyar Made ‘Agus’ Mahayastra, mengatakan, proses revitalisasi Pasar Umum Sukawati saat ini sedang memasuki urusan teknis. Semua kewenangan terkait tender dan lainnya ada di Dinas PU. Selaku bupati dirinya mengaku tidak memiliki kewenangan untuk mengintervensi proses pembangunan pasar bantuan Pusat tersebut.*nvi

Komentar