nusabali

Ny Adnyani Mahayastra Hadiahkan Tumbler

Edukasi Anak-anak Agar Cinta Lingkungan

  • www.nusabali.com-ny-adnyani-mahayastra-hadiahkan-tumbler

GIANYAR, NusaBali
Serangkaian Hari Anak Nasional menjadi momen terindah bagi Ketua TP PKK Kabupaten Gianyar Ny Surya Adnyani Mahayastra untuk mencurahkan rasa cintanya kepada anak anak.

Dia menghadiahkan ratusan tumbler (botol minuman) kepada anak anak SD se-Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Jumat (24/7). Penyerahan tumbler kepada anak-anak SD tersebut diprakarsai Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gianyar dan Pemerintaah Desa Medahan. Dalam acara itu, Ny Surya Adnyani didampingi Ketua Komisi 4 DPRD Gianyar Ni Made Ratnadi, Plt Kepala DLH Gianyar I Wayan Kujus Pawitra, Perbekel Medahan I Wayan Buana, prajuru Desa adat Medahan dan Cucukan, insan peduli lingkungan, dan PKK.

Ketua TP PKK Ny Surya Adnyani Mahayastra menyempatkan diri mengedukasi anak anak tentang pola hidup bersih dan sehat serta manfaat tumbler. Dengan membawa tumbler, anak anak dapat menghentikan kebiasaan memakai botol plastik minuman sekali pakai hingga menimbulkan sampah plastik. Anak anak akan bisa hemat uang dan sehat. Dengan membawa tumbler anak anak terbiasa  minum minuman sehat terutama air mineral. Maka anak anak terhindar jajan di jalanan. "Perayaan Hari Anak Nasional ini adalah momen tepat bagi kita untuk mengedukasi anak anak agar makin peduli lingkungan," jelasnya.

Ny Surya Adnyani memaparkan selama ini persoalan sampah rumah tangga khususnya, sering dikaitkan dengan peran ibu ibu karena kerap memasak di dapur hingga menimbulkan sampah organik dan anorganik. Namun pengelolaan sampah ini tentu tak sepenuhnya menjadi tanggungjawab ibu, melainkan semua anggota keluarga, termasuk anak anak.

"Oleh karena itu, pengelolaan sampah yang baik dan benar harus diajarkan dan dilakukan oleh anak anak sejak usia dini," ujar istri Bupati Mahayastra ini.

Dia mengimbau masyarakat agar cerdas mengelola sampah. Caranya, sampah rumah tangga harus dipilih dua; organik dan anorganik, sehingga petugas mudah mengolah. Keluarga juga agar pintar mengelola sampah organik jadi kompos, jadi perabotan, dan kebutuhan lainnya.

Plt Kepala DLH Gianyar I Wayan Kujus Pawitra menjelaskan pemberian tumbler ini sebagai bagian dari Implementasi Pergub Nomor 47 Tahun 2018 tentang Pengolahan Sampah Berbasis Sumber Berprinsip 3R (Recycle, Reuse, Reduce).Lebih khusus lagi implementasi Perbup Gianyar Nomor 149 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan  Kantong Plastik dan Perbup Nomor 18 Tahun 2019 tentang Kebijakan dan Srategi dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan di sekolah sekolah lain di seluruh Kabupaten Gianyar.

Perbekel Medahan I Wayan Buana, mengatakan kegiatan pemberian tumbler oleh desa ini merupakan bagian penting dalam misi desa dalam mengelola persampahan. Karena anak anak kerap membeli minuman dibungkus plastik hingga menimbulkan sampah plastik. ‘’Kami kini sedang menyiapkan pembangunan TPS3R dengan memanfaatkkan tanah laba subak. Kami sangat berterima kasih kepada jajaran DLH Gianyar atas pembinaan selama ini," jelasnya. Kegiatan diakhiri dengan simulasi pembuatan kompos oleh konsultan lingkungan DLH Gianyar Ketut Suarnaya, penyerahan bantuan tanaman pekarangan dan tas ramah lingkungan kepada PKK oleh Ny Surya Adnyani. Ketua TP PKK juga menyempatkan diri sarapan makan bubur bersama dengan anak anak dan para orangtua siswa.*nvi

Komentar