nusabali

Animasi Budaya Bali Ramaikan Jagat Dunia Maya

  • www.nusabali.com-animasi-budaya-bali-ramaikan-jagat-dunia-maya

GIANYAR, NusaBali
Animasi bertemakan budaya Bali ramaikan jagat dunia maya. Salah satu animasi yang cukup jadi perhatian bertemakan Ibu Pertiwi, karya seniman muda asal Desa Sebatu, Kecamatan Tegallalang, Gianyar, I Wayan Gede Yudiana,32.

Animasi Ibu Pertiwi karya Gede Yudiana berupa gambar tiga demensi. Melalui karya tersebut, Gede memvisualisasikan seorang penari Bali. Dengan sudut pandang sebagai seorang ibu yang sedang menggunakan masker dan memeluk sebuah bola dunia yakni bumi. Wayan Gede Yudiana sukses dalam memaknai karya animasinya tersebut sebagai seorang ibu yang sedang sakit karena mewabahnya pandemi Covid-19. "Saya membuat animasi tersebut idenya adalah untuk memperkenalkan budaya Bali dalam bentuk digital imaging agar masyarakat khususnya pengguna sosial media dapat melihat budaya Bali dalam bentuk visualisasi digital imaging," ujar Gede Yudiana, Jumat (17/7).

Dikatakan bahwa ketertarikannya untuk berkarya dibidang digital imaging ini adalah karena hobinya yang senang dalam visualisasi gambar. "Awalnya kan saya fotographer, dari sana lah saya mulai belajar secara otodidak untuk membut animasi," katanya.

Bahkan karena hobinya tersebut, pria yang sudah beristri ini bekerja di bidang design grafis di salah satu hotel. "Kalau basic saya ekonomi, namun karena awalnya saya senang foto dan berlabuhlah di digital imaging," ucapnya.

Dalam membuat animasi ini, diakuinya memang terdapat kesulitan. "Kesulitan pasti ada, saya biasanya menggunakan software photoshop dan adobe after effect," imbuhnya.

Dengan hasil karyanya yang sering diunggah di plat form media sosial, Gede Yudiana berharap agar masyarakat lebih tahu tentang budaya bali dan banyak orang yang tertarik dengan dunia digital imaging ini. "Bahkan pada bulan September ini ada teman saya yang menawarkan saya untuk membuka kelas digital imaging yang khusus membuat visualisasi tentang budaya Bali," ujarnya.

Tidak hanya itu, karya gambar digital imaging Gede Yudiana pun terus diunggahnya di akun pribadi sosial media Instagram @yande_zetia miliknya seperti visualisasi video animasi yang bertemakan calonarang dan lain sebagainya. Total, puluhan karya animasi yang bertemakan budaya bali sudah diunggahnya. *nvi

Komentar