nusabali

Ribuan Pedagang Tradisional Digelontor Paket Stamina

Tangkal Sebaran Covid-19 Kelompok Pedagang

  • www.nusabali.com-ribuan-pedagang-tradisional-digelontor-paket-stamina

TABANAN, NusaBali
Pemkab Tabanan membagikan 3.600 paket stamina kepada para pedagang tradisional di Tabanan.

Paket berupa minuman herbal mulai dari jamur urip temu, teh jahe merah, madu, vitamin, dan masker. Paket ini buatan UMKM di Kabupaten Tabanan.  Paket stamina dibagikan kepada pedagang untuk menstimulus masyarakat agar kembali minum jamu tradisional untuk penguatan imun atau kekebalan tubuh.

Minuman ini sedapat mungkin juga untuk mencegah terjadi cluster (kelompok) penyebaran virus Covid-19 dari pasar. Paket secara simbolis dibagikan langsung oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti di Pasar Dadakan, Terminal Pesiapan, Tabanan, Jumat (17/7). Sejumlah pejabat dari TNI, Polri, pimpinan OPD (organisasi perangkat daerah), dan pimpinan dan angota DPRD Tabanan, hadir. Dalam kesempatan itu, Bupati Eka juga memborong sejumlah dagangan milik pedagang untuk dibagikan kepada yang membutuhkan.

Bupat Eka mengatakan paket stamina yang dibagikan kepada pedagang adalah buatan UMKM di Tabanan. Di dalam paket stamina juga dilengkapi dengan masker. "Ada 3.600 paket stamina yang dibagikan kepada seluruh pedagang di pasar tradisional," ujarnya.

Jelas Bupati Eka, jika terjadi kekurangan masker dan handsanitizer agar masyarakat segera melapor di kecamatan. "Jadi hubungi camat masing-masing jika ada kekurangan. Jangan sampai tidak mendapatkan masker. Nanti saya siap bantu," tegas Bupati Eka.

Direktur Perusahaan Daerah Dharma Santikha (PDDS) Tabanan I Putu Sugi Darmawan menjelaskan, untuk menyediakan paket stamina tersebut melibatkan dua UMKM. Saat ini paket stamina sudah siap 1.500 paket , dan sisanya sekitar 2.000 paket akan diselesaikan dalam minggu ini. "Kami libatkan dua UMKM yang memproduksi minuman herbal," ujarnya.

Diterangkan, dalam paket tersebut berisi sejumlah minuman herbal mulai dari jamur urip temu, teh jahe merah dan madu. Paket juga dilengkapi masker produksi PDDS dan vitamin dari Dinas Kesehatan Tabanan. "Paket akan kami serahkan bertahap, bagian mendistribusikan dikoordinir oleh Dinas Perindag," tegasnya.

Sesuai data, 3.600 paket dibagi pada 14 pasar tradisional. Dari jumlah itu 800 paket untuk pedagang tradisional di Pasar Tabanan, 700 paket di Pasar Kediri, 300 paket di Pasar Dauh Pala, 150 paket di Pasar Kerambitan, 300 paket di Pasar Bajera, 150 paket di Pasar Pupuan, 150 paket di Pasar Senganan, 150 paket di Pasar Marga, 150 paket di Pasar Baturiti, 150 paket di Pasar Sayur Baturiti, 150 paket di Pasar Candikuning, 150 paket di Pasar Penebel, 150 paket di Pasar Senggol dan 150 paket di Pasar Pesiapan.

Sebelumnya, Kepala Bapelitbang Tabanan Ida Bagus Wiratmaja menjelaskan paket penjaga stamina akan disiapkan oleh Perusahaan Daerah Dharma Santika  (PDDS). Paket ini dibeli menggunakan dana dompet peduli sumbangan dari ASN di lingkungan Pemkab Tabanan dan sumbangan dari berbagai pihak. *des

Komentar