nusabali

Pejabat Dinas Kesehatan Karangasem Positif Corona

  • www.nusabali.com-pejabat-dinas-kesehatan-karangasem-positif-corona

AMLAPURA, NusaBali
Pandemi Covid-19 masih terus berkecamuk di Kabupaten Karangasem. Bahkan, per Jumat (10/7) terdapat tambahan 11 pasien positif Corona di Karangasem, yang semuanya merupkan kasus transmisi lokal.

Salah satunya, pejabat Dinas Kesehatan Karangasem. Koordinator Bidang Kesehatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama, menyatakan pejabat Dinas Kesehatan yang terkonfirmasi positif Corona, Jumat kemarin, adalah setingkat kepala bidang. Namun, Putra Pertama enggan merinci identitas pejabat bersangkutan, dengan alasan biar tidak menimbulkan keresahan.

"Yang jelas, hingga kini tercatat sudah ada dua pejabat setingkat kepala bidang (Kabid) Dinas Kesehatan Karangasem yang terkonfirmasi positif Covid-19,” ungkap Putra Perta-ma dalam keterangan persnya di Amlapura, Jumat kemarin.

Disebutkan, dari total tambgahan 11 pasien baru Covid-19 di Karangasem per Jumat kemarin, 9 orang di antaranya asal sekampung di Desa Desa Nawakerti, Kecamatan Abang. Mereka masing-masing perempuan umur 50 tahun, perempuan umur 75 tahun, serta bocah lelaki 9 tahun, balita lelaki 3 tahun, laki-laki usia umur 26 tahun, laki-laki umur 32 tahun, laki-laki umur 20 tahun, laki-laki umur 28 tahun, dan laki-laki umur 45 tahun.

Sedangkan 2 pasien baru positif Corona lainnya, kata Putra Pertama, masing-masing preia berusia 60 tahun asal Desa Manggis (Kecamatan Manggis) dan pria umur 51 tahun asal Desa Bugbug (Kecamatan Karangasem).

Dengan tambhahan 11 pasien per Jumat kemarin, maka jumlah kumulatif positif Covid-19 di Karangasem hingga saat ini tembus 124 kasus. Dari jumlah itu, 101 orang merupakan kasus transmisi lokal, sementara 23 orang lagi adalah imported case dari PMI yang baru pulang dari luar negeri.

Karangasem merupakan daerah terparah ketujuh di Bali terpapar Covid-19. Karangasem berada di bawah Kota Denpasar yang terjang 809 kasus positif Corona, Kabupaten Badung (292 kasus), Klungkung (208 kasus), Bangli (186 kasus), Gianyar (166 kasus), dan Buleleng (139 kasus).

Berdasarkan data yang dirilis GTPP Covid-19 Provinsi Bali, Jumat kemarin, dari 124 kasus positif Corona di Karangasem, 82 orang di antaranya sudah berhasil sembuh, sementara 41 orang masih dalam perawatan, dan 1 pasien lagi meninggal dunia. Per Jumat kemarin, terdapat tambahan 1 paisen sembuh di Karangasem.

Namun, GTPP Covid-19 Karangasem mencatat sudah ada 2 pasien Corona yang mkeninggal dunia. Pertama, nenek umur 70 tahun dari Banjar Kauhan, Desa Pesedahan, Kecamatan Manggis, yang meninggal dunia, Kamis (2/7) lalu dan telah dikuburkan dengan protokol kesehatan cegah Civod-19.

Kedua, seorang kakek usia 55 tahun asal Banjar Tengah, Desa Sidemen, Kecamatan Sidemen yang meninggal dunia, Senin (6/7). Kedua pasien ini dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab yang baru keluar setelah mereka meninggal dunia. *k16

Komentar