nusabali

Warga Cegeng Karantina Mandiri, Dinas Pertanian Bantu Sayur

  • www.nusabali.com-warga-cegeng-karantina-mandiri-dinas-pertanian-bantu-sayur

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Pertanian Karangasem sumbangkan sayur untuk 312 kepala keluarga (KK) di Banjar Cegeng, Desa Kertha Buana, Kecamatan Sidemen, Karangasem menjalani karantina mandiri, Kamis (2/7).

Bantuan diserahkan Kadis Pertanian I Wayan Supandi kepada Ketua Satgas Gotong Royong Covid-19 Desa Adat Tohjiwa I Wayan Kenak didampingi Kelian Banjar Cegeng I Ketut Sulendra. Sayuran yang disumbangkan yakni pokcay, buncis, dan sawi.

Kadis Pertanian, I Wayan Supandi, mengatakan bantuan sayur pokcay merupakan hasil budidaya staf Dinas Pertanian Karangasem. Sedangkan bantuan sayur buncis dan sawi dibeli staf Dinas Pertanian dengan dana urunan. Sayuran itu dibeli dari petani di Banjar Pemuteran, Desa Pempatan, Kecamatan Rendang. Supandi mengatakan, Dinas Pertanian peduli terhadap warga yang tengah menjalani karantina mandiri. Sebab sebanyak 1.162 jiwa tidak boleh keluar wilayah Banjar Cegeng, tidak boleh menerima tamu, hanya dibolehkan beraktivitas di kebun dan sawah di wilayah Banjar Cegeng.

Warga yang merantau di luar kampung juga tidak diperbolehkan pulang. Kalau ada yang pulang tidak boleh lagi ke luar kampung untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19. Sebanyak 15 warga banjar Cegeng positif Covid-19. Bantuan sayur tersebut cukup untuk kebutuhan 5 hari. “Desa Kertha Buana bantu sembako, Dinas Sosial menyuplai sembako, Dinas Pertanian membantu sayur," kata Wayan Supandi. Kelian Banjar Cegeng, I Ketut Sulendra, mengapresiasi bantuan sayur dari Dinas Pertanian. “Bantuan sayur sangat berarti bagi warga kami di Banjar Cegeng. Bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan beberapa hari ke depan,” kata Ketut Sulendra.

Sebelumnya, Ketua DPRD Karangasem, I Gede Dana, membawakan bantuan 150 sak beras, Rabu (1/7). Tiap sak isinya 5 kilogram. Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa membawa bantuan 50 sak beras, tiap sak isinya 5 kilogram, anggota DPRD Karangasem dari Fraksi DPIP asal Kecamatan Sidemen membantu 3,5 ton beras. Sedangkan Perbekel Desa Amertha Buana, Kecamatan Selat I Wayan Suara membawa bantuan 7 sak beras, tiap sak isinya 5 kilogram ditambah 12 liter minyak goreng, 5 dus mie, dan 5 trai telur. Jika hasil rapid test non reaktif, karantina mandiri berakhir Sabtu (11/7). *k16

Komentar