nusabali

Galang Donasi Melalui Sketsa Wajah

  • www.nusabali.com-galang-donasi-melalui-sketsa-wajah

DENPASAR, NusaBali
Gerakan untuk berdonasi dalam bentuk sembako atau makanan siap saji biasanya diawali dengan penggalangan dana atau open donations.

Di Denpasar sendiri, terdapat suatu gerakan yang melakukan penggalangan donasi dengan cara yang cukup unik, yaitu dengan membuat sketsa wajah. 

Gerakan ini bernama 1001 Wajah Indonesia, atau juga dikenal dengan nama Wajah Indonesia 2020. Ini merupakan gerakan yang dilakukan oleh sekelompok pemuda yang memiliki skill dalam bidang desain grafis. “Teman-teman relawan di gerakan solidaritas yang tergabung di desain grafis di Bali punya ide untuk galang donasi kreativitas sesuai keahlian atau basicnya mereka,” ujar Koordinator Gerakan 1001 Wajah Indonesia, Matt Ari pada Selasa (30/6) saat ditemui langsung di Kubu Kopi.

Dalam penggalangan dana ini, donatur yang berdonasi minimal Rp 100.000 juga akan mengirimkan foto dirinya atau foto orang terkasih dengan pose menggunakan masker. Foto ini kemudian akan dibuat sketsa dengan program desain pada komputer yang nantinya akan dibuat dengan ukuran 10R atau sesuai permintaan donatur. 

Donasi ini seluruhnya akan diberikan kepada yang membutuhkan dalam bentuk makanan siap saji atau pun sembako melalui gerakan-gerakan solidaritas yang ada, seperti Tim Anti Lapar atau gerakan Solidaritas Pangan bali. Sasaran utama dari penggalangan donasi ini yaitu bagi para lansia da mereka yang sebelumnya bekerja namun terkena Pemutusan Hubungan Kerja, seperti yang terjadi pada para pelaku pariwisata. 

“Selama ini banyak program solidaritas yang bermunculan di Bali, mereka ya menggalang donasi, ayo menggalang donasi. Tapi karena dari teman-teman desain grafis punya kemampuan untuk desain, jadi orang yang berdonasi juga punya seperti kenangan begitu,” lanjut Matt Ari. 

Sejauh ini, gerakan yang telah dimulai sejak 25 Juni 2020 ini telah berhasil menggalang sebanyak 15 donatur. Disebutkan, program yang dibantu oleh delapan orang tenaga desain grafis menerima satu atau dua donatur yang fotonya digarap setiap hari dengan waktu pengerjaan selama beberapa jam saja.*cr74

Komentar