nusabali

Bupati Eka Bagikan 1 Ton Beras CPP dan 133 Ribu Bibit Cabai kepada Warga

  • www.nusabali.com-bupati-eka-bagikan-1-ton-beras-cpp-dan-133-ribu-bibit-cabai-kepada-warga

TABANAN, NusaBali
Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti membagikan cadangan pangan pemerintah (CPP) kepada 148 kepala keluarga (KK) atau terdiri dari 487 jiwa petani dan nelayan di Kabupaten Tabanan yang terdampak Covid-19.

Bantuan yang diberikan untuk mengatasi darurat dan kerawanan pangan serta bencana sosial ini merupakan beras cadangan pangan pemerintah pusat.

Penyerahan CPP dilakukan secara simbolis oleh Bupati Eka kepada 133 perbekel se-Kabupaten Tabanan di wantilan Desa Adat Bedha, Desa Gubug, Kecamatan Tabanan, Kamis (25/6). Saat itu juga diserahkan 133 ribu bibit tanaman cabai, yang dibagikan kepada masyarakat setempat yang terdampak Covid-19.

Bupati Eka mengatakan CPP yang dibagikan kepada 487 jiwa ini sebanyak 1 ton beras. “Harapan kita dengan beras ini, bisa mengurangi beban masyarakat di tengah pandemi,” ujarnya. Hadir di acara tersebut Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga, Sekda Tabanan I Gede Susila, jajaran Forkopimda Tabanan, Ketua Yayasan Ekalawya, serta beberapa perkebel se-Kabupaten Tabanan, dan masyarakat penerima bantuan.

Terkait bantuan 133 ribu bibit cabai yang dibagikan kepada 133 perbekel, Bupati Eka menginstruksikan agar bibit tersebut diterima oleh masyarakat yang memang benar-benar terdampak dan yang paling membutuhkan, sesuai dengan hasil penilaian rapid interview.

“Yang mereka belum mendapat bantuan, itu yang diutamakan. Ini tidak sekadar kita kasih bibit, saya harapkan bibit ini bisa bertumbuh kembang dengan baik, sehingga mampu meningkatkan ketahanan pangan keluarga,” harap Bupati Eka.

Dia menjelaskan, tujuan pemberian bibit cabai ini untuk membiasakan masyarakat menanam tanaman pangan. Dan bibit ini murni produksi gotong-royong petani Tabanan, dengan harapan Tabanan mampu menjadi sentra produksi cabai ke depannya.

“Masyarakat bisa dengan hidroponik, bisa di pekarangan rumah, sekarang tinggal inovasinya seperti apa. Pupuk dan penyemaiannya murni dari petani Tabanan secara bergotong-royong, bukan impor,” tegas Bupati Eka.

Dari data Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tabanan, penerima CPP adalah 148 KK atau 487 jiwa petani nelayan yang ada di 4 kecamatan dan 6 desa di Kabupaten Tabanan. Rinciannya Desa Beraban, Kecamatan Kediri sebanyak 90 orang, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan sebanyak 152 orang, Desa Lalanglinggah, Kecamatan Selemadeg Barat 17 orang, Desa Selabih, Kecamatan Selemadeg Barat 152 orang, Desa Beraban, Kecamatan Selemadeg Timur 32 orang, dan Desa Tegal Mengkeb, Kecamatan Selemadeg Timur sebanyak 44 orang.

Kemudian bantuan 133 ribu bibit tanaman cabai masing-masing perbekel mendapat 1.000 bibit yang nanti dibagikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Bibit cabai bantuan dari Yayasan Ekalawya.

Di akhir acara, Bupati Eka bersama seluruh undangan yang hadir melakukan aksi tanam bibit cabai di seputaran wantilan Desa Adat Bedha, serta melakukan penebaran ribuan bibit ikan nilem. *des

Komentar