nusabali

Sehari Setelah Ditinjau Bupati, Proyek Langsung Digarap

Penataan Trotoar di Jalan Batu Bolong, Canggu

  • www.nusabali.com-sehari-setelah-ditinjau-bupati-proyek-langsung-digarap

MANGUPURA, NusaBali
Sehari setelah pengecekan lapangan oleh Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung langsung memulai pengerjaan penataan trotoar di Jalan Batu Bolong, Desa Canggu, Kecamatan Kuta Utara.

Pada tahap pertama, Dinas PUPR melakukan pengukuran pada gorong-gorong yang di atasnya bakal dibangun trotoar. “Hari ini (kemarin) kami langsung turun melakukan pengukuran gorong-gorong untuk memastikan panjang dan lebarnya. Karena rencana kami akan pasang beton precast dengan tipe U ditch, sehingga kami bisa bangun trotoar di atasnya,” kata Kepala Dinas PUPR Badung Ida Bagus Surya Suamba saat dikonfirmasi, Selasa (23/6).

Setelah pengukuran, tahap selanjutnya adalah pengerjaan fisik. Menurut birokrat asal Tabanan, itu pengerjaan fisik mulai dilakukan pada Kamis (25/6) besok. “Setelah pengukuran, sekitar dua hari (Kamis besok) baru mulai pasang. Kan kita harus menentukan lokasi dengan gambar rencana yang ada,” ujar Surya Suamba.

Mengenai anggaran penataan sebesar Rp 10 miliar, Surya Suamba menyebut berasal dari anggaran pemeliharaan. “Jadi bahan dan sebagainya sudah ada, termasuk tenaga menggunakan swakelola,” imbuhnya.

Disinggung bagaimana pemeliharaan jalan ke depan jika anggarannya digunakan untuk penataan trotoar, Surya Suamba mengaku anggaran pemeliharaan masih sisa. Anggaran sisa itu pun dinilai masih mencukupi untuk melakukan pemerliharaan jalan hingga akhir tahun. “Semua sudah di koordinasikan dengan pimpinan,” ungkapnya.

Kalau pun kurang, imbuhnya, pada anggaran perubahan bisa ditambah. “Nanti bisa saja ditambah di perubahan kalau ternyata kurang untuk anggaran pemeliharaan,” kata Surya Suamba. Dia menyatakan anggaran pemeliharaan jalan selama tahun 2020 senilai Rp 12 miliar.

Dinas PUPR menargetkan penataan trotoar di Jalan Batu Bolong, Canggu sepanjang sekitar 1,2 kilometer ditarget selesai pada Desember 2020.

Seperti diketahui, pada Senin (22/6), Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta melakukan peninjauan lokasi penataan trotoar di Jalan Batu Bolong, Canggu. Penataan kali ini dalam upaya penataan akses kawasan wisata menyambut tatanan hidup baru atau new normal. Saat meninjau kondisi jalan di Batu Bolong, Canggu, Bupati didampingi Wakil Bupati Ketut Suiasa, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Badung IB Surya Suamba.

“Kami akan melakukan perbaikan dengan cepat. Semua ini kita lakukan berkenaan dengan kebutuhan masyarakat Canggu secara khusus dan kebutuhan masyarakat secara umum,” kata Bupati Giri Prasta. *asa

Komentar