nusabali

Ngayah, Permudhiksa Sumbang Dupa

  • www.nusabali.com-ngayah-permudhiksa-sumbang-dupa

JAKARTA, NusaBali
Meski kondisi saat ini masih berada dalam masa pandemi Covid-19 tak membuat Perhimpunan Muda Mudi Hindu Tigaraksa (Permudhiksa) berdiam diri.

Mereka semangat melakukan ngayah di Pura Parahyangan Agung Bhuwana Raksati, Sodong, Tigaraksa, kabupaten Tangerang, provinsi Banten. Ngayah mereka lakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Kami ngayah, karena pengurus Pura mengatakan Permudhiksa sebagai generasi penerus harus tetap semangat ngayah. Selain itu, lahan di Pura masih rumput semua sehingga perlu dirapikan," ujar Pengayom Permudhiksa Nengah Yuliawan kepada NusaBali, Selasa (23/6).

Ngayah mereka lakukan pada hari libur atau hari Minggu agar tidak mengganggu jadwal sekolah dan kerja. Ketika ngayah Permudhiksa membatasi lima sampai sepuluh orang. Mereka juga wajib mengenakan masker, jaga jarak dan memakai pembersih tangan.

Hal itu pula yang akan diterapkan ketika nanti memasuki tatanan hidup baru (new normal) di Pura Tigaraksa. Mengenai peralatan mereka tidak perlu membawa lagi dari rumah karena pura menyediakannya. "Kami ngayah dari pagi sampai sore," ucap Nengah Yuliawan.Selain ngayah bersih-bersih, Permudhiksa juga menyumbang dupa. Dupa mereka datangkan langsung dari Bali. Mereka pesan sebanyak 30 bungkus.

Menurut Nengah Yuliawan, pemberian dupa dilakukan Permudhiksa secara spontanitas. Bukan lantaran pura kekurangan dupa.

"Pura tidak kekurangan dupa, tetapi karena kami ingin berbuat sesuatu dimasa pandemi ini. Pemberian dupa juga sebagai bentuk punia kami terhadap pura. Semoga pemberian dupa tersebut bermanfaat bagi operasional pura," papar Nengah Yuliawan. *k22

Komentar