nusabali

Linmas Desa Muncan Dilatih Bhabinkamtibas dan Babinsa

  • www.nusabali.com-linmas-desa-muncan-dilatih-bhabinkamtibas-dan-babinsa

AMLAPURA, NusaBali
Desa Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem segera dinilai dalam lomba Poskamling tingkat Provinsi Bali, 26 Juni 2020.

Jelang penilaian, anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) mendapatkan latihan dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa desa Muncan. Latihan Linmas digelar di Banjar Susut, Desa Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem, Jumat (19/6).

Perbekel Desa Muncan, I Wayan Tunas, mengatakan sebanyak 32 Linmas yang mengikuti latihan. Mereka dilatih oleh Babinkamtibmas Desa Muncan Aiptu I Nyoman Sudiarta dan Babinsa Sertu I Gede Madia. Pembentukan Linmas intuk penanganan bencana dalam fase tanggap darurat, secara cepat, tepat, dan terkoordinasi dalam satu komando. Linmas juga bertugas menjaga keamanan desa melalui kegiatan pamswakarsa, pendekatan persuasif, edukatif, dan partisipatif di tengah masyarakat.

Linmas juga sebagai pelopor dan penggerak pengamanan di wilayah desa. “Linmas dibentuk sebagai garda terdepan, penggerak keamanan wilayah desa secara swakarsa,” kata Wayan Tunas. Linmas diberikan pemahaman tugas dan fungsi disertai praktek cara melakukan penanganan bencana dan teknis melakukan pengamanan swakarsa. “Pelatihan ini terpadu antara pemahaman dengan praktek di lapangan. Fisiknya juga mesti terlatih,” jelas Aiptu I Nyoman Sudiarta. *k16

Komentar