nusabali

KPU Tabanan Sosialisasikan Tahapan Pilkada

  • www.nusabali.com-kpu-tabanan-sosialisasikan-tahapan-pilkada

TABANAN, NusaBali
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan mulai sosialiasikan tahapan Pilkada.

Sesuai tahapan, pendaftaran pasangan calon (Paslon) Tabanan dimulai 4 September 2020 mendatang. Pelaksanaan tahapan Pilkada sebelumnya ditunda karena pandemi Covid-19.

Tahapan pertama yang dikerjakan KPU Tabanan sejak dibukanya tahapan pemilu adalah rekrutmen Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Rekrutmen dimulai tanggal 24 Juni dan akan berakhir tanggal 14 Juli mendatang.

Komisioner Bidang Devisi Sosialiasi Ni Made Suryani menjelaskan, KPU telah mengeluarkan tahapan pemilihan kepala daerah di tengah Covid-19. Tahapan pemilihan diatur dalam PKPU Nomor 5 Tahun 2020. “Karena sudah dibukanya tahapan pemilu, kita mulai lakukan sosialiasi tahapan Pilkada,” ungkapnya.

Dikatakan karena tahapan Pilkada ada pada situasi pandemi sebagian besar sosialiasi tahapan akan disampaikan lewat media sosial. “Tahapan yang kita sosialiasikan secara nasional sama,” tegasnya.

Untuk tahapan pencalonan pasangan calon berdasarkan PKPU Nomor 5 Tahun 2020, yakni pada 4-16 September 2020, penetapan pasangan calon akan dilaksanakan pada 23 September 2020, dilanjutkan pada 24 September 2020 yakni pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon.

Kemudian untuk masa kampanye, menurut Suryani, dijadwalkan pada 26 September 2020 hingga 5 Desember atau selama 71 hari. Jadwal kampanye yang dirancang ada pertemuan terbatas, tatap muka dan dialog. Kampanye melalui medis  masa, cetak, dan elektronik.

Lalu ada pula debat publik terbuka antar paslon yang dijawalkan pada 26 September-5 Desember 2020. “Mengenai dengan teknis kampanye dimasa pandemi kami masih menunggu jukinis, karena saat ini kami baru lakukan sosialiasi tahapan,” bebernya.

Ditambahkan oleh Komisioner Devisi Teknis Luh Made Sunadi bahwa pelaksanakaan Pilkada tahun 2020 sangat berbeda. Karena penyelenggaraan ditengah pandemi bahkan sebelumnya ada penundaan tahapan secara otomatis ada pergeseran jadwal tahapan pelaksanaan Pilkada. “Jumlah TPS juga bertambah karena ada perubahan per TPS jumlah pemilih maksimal 500 orang sebagai upaya penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Dan untuk saat ini tahapan Pilkada yang pertama dilakukan adalah rekrutmen PPDP. Rekrutmen dimulai dari 24 Juni dan akan berakhir di tanggal 14 Juli 2020. “Nanti tanggal 15 Juli PPDP sudah mulai kerja,” tegasnya. *des

Komentar