nusabali

Bangun Kampung Bingo, Di Mana Alam Bisa Ngomong

  • www.nusabali.com-bangun-kampung-bingo-di-mana-alam-bisa-ngomong

TABANAN, NusaBali.com
Perjalanan Made Gunada sebagai petani tak hanya berhenti sampai menjadi pemasok sayuran ke restoran cepat saji seperti McDonald’s.

Sejak tahun 2019 lalu Made Gunada merintis Kampung Bingo, sebuah restoran yang dikolaborasikan dengan wisata edukasi tentang pertanian. Hal ini tak lepas dari keinginannya untuk membangun sesuatu selagi dirinya menikmati hidup.

Bingo sendiri merupakan singkatan dari Bisa Ngomong. “Bingo itu buat saya, saya hidup bertahun-tahun termasuk perjalanan hidup saya, semua dari omongan orang. Karena saya berpikir dengan Bingo, bisa ngomong, gampang. Apapun itu kita harus bisa ngomong. Kita punya lebih, kaya, pintar, kalau tidak ngomong tidak akan bisa. Sehingga Bingo ini saya jadikan ajang. Karena saya menggeluti pertanian dan kecintaan saya dengan alam, saya kombinasi, saya sinergikan Bingo ini dengan alam,” papar Made Gunada. 


Seluruh tempat ini dipertimbangkan dengan detail dan penuh filosofi. Mulai dari jalan masuk yang memiliki dua jalur, kanan dan kiri, yang dimaknai oleh Made Gunada sebagai pilihan dalam hidup manusia. Tangga yang mengarah ke atas, dimaknai dari perjalanan hidup yang dimulai dari bawah hingga ke atas. “Sehingga kita tidak buru-buru mau di atas. Kita harus susah payah dulu, mencerminkan perjalanan saya. Saya benar-benar dari nol sampai sekarang, saya melalui step tangga seperti itu,”dirinya berfilosofi.

Sampai di atas. terdapat patung dua angsa yang berkelindan, membentuk bentuk hati yang melambangkan cinta. Selain itu, terdapat pula hamparan sayur yang ditata membentuk hati. Hal ini melambangkan segala sesuatu yang diawali dengan cinta, seperti cinta yang dicurahkan oleh seorang Made Gunada, baik kepada lingkungan dan keluarga. 


Sebelum mencapai area restoran, pengunjung disuguhi dengan display tanaman sayuran dengan beberapa jalur jalan setapak yang berlika-liku bak lika-liku kehidupan. Sayuran yang ditanam ini, berupa beragam sayuran beraneka warna yang melambangkan warna-warni dalam hidup. “Itulah Bingo. Artinya, bahwa nanti di Bingo ini semua alam ini bisa ngomong, akan ada slogan-slogan yang inspiratif, yang positif pasti, ada yang negatif, karena kita ingin sahabat-sahabat yang datang ke Bingo benar-benar tenang, banyak inspirasi,” jelasnya.

Selain itu, di bagian bawah area tersebut, terdapat green house yang berfungsi untuk area pembibitan. Semua area Kampung Bingo ini, ditujukan untuk menyuguhkan tempat berdiskusi sekaligus wisata edukasi bagi anak-anak, komunitas-komunitas, dan bagi para pengunjung agar lebih akrab dengan pertanian.*cr74

Komentar