nusabali

Bulan Bung Karno, Puluhan Siswa Ikuti Lomba Pidato Secara Virtual

  • www.nusabali.com-bulan-bung-karno-puluhan-siswa-ikuti-lomba-pidato-secara-virtual

TABANAN, NusaBali
Murid SMP dan SMA/SMK di Tabanan mengikuti lomba pidato secara virtual yang diselenggarakan serangkaian Bulan Bung Karno, Senin (15/6).

Lomba bertema semangat gotong royong di tengah pandemi Covid-19, digelar di sekretariat DPC PDIP Tabanan, Jalan Yeh Gangga, Kecamatan Tabanan.

Lomba pidato yang digelar secara virtual berlangsung meriah. Para peserta sebagian besar mengikuti intonasi suara Presiden pertama RI Ir Soekarno. Bahkan penampilan peserta juga menyerupai cara berbusana Soekarno, yakni mengenakan peci.

Ketua DPC PDIP Tabanan I Komang Gede Sanjaya, menjelaskan meskipun di tengah pandemi Covid-19 tidak mengurangi semangat PDIP dalam menggelar lomba pidato serangkaian peringatan hari lahirnya Bung Karno, 6 Juni 1901. “Ada empat agenda besar yang sudah kami gelar serangkaian Bulan Bung Karno, yakni upacara bendera, pembagian sembako, lomba pidato, dan lomba pidato di tingkat provinsi nanti,” kata Sanjaya.

Kata dia, lomba pidato secara virtual diikuti pelajar SMP dan SMA/SMK di Tabanan. Rinciannya 12 orang siswa SMP dan 18 murid SMA/SMK. “Mereka lomba pidato tidak tampil secara fisik ke kantor (sekretariat PDIP, Red), melainkan pidato di rumah masing-masing kemudian divideokan. Video ini yang kami nilai,” ujar Sanjaya.

Lomba pidato ini, siswa berpidato selama 10 menit tentang semangat gotong royong di tengah pandemi Covid-19. “Yang menang lomba pidato di Tabanan, pada 21 Juni mendatang lomba di tingkat provinsi. Saya berharap anak-anak kita di Tabanan menunjukkan kemampuannya,” tandas Sanjaya.

Juri lomba ini adalah dari Dinas Pendidikan Tabanan I Wayan Sumerta Dana, sastrawan I Gede Arum Gunawan, dan anggota DPR RI I Gusti Ngurah Alit Kesuma Kelakan. “Kriteria lomba sudah ditentukan oleh para dewan juri,” imbuh Sanjaya.

Ditambahkan oleh Alit Kelakan lomba pidato sengaja diperuntukkan bagi pelajar karena untuk menanamkan ajaran tri sakit dari Bung Karno sejak muda. Dengan begitu diharapkan akan lahir pemimpin dari generasi muda yang memiliki semangat Bung Karno.

Menurutnya penilaian mendasar dalam lomba pidato secara virtual ini adalah penampilan, cara berpakaian, intonasi, dan penguasaan materi. “Harapan kita dengan digelar lomba pidato peringati Bulan Bung Karno bisa melahirkan pemimpin yang memiliki semangat untuk membangun bangsa,” kata Alit Kelakan.

Adapun pemenang lomba pidato secara virtual untuk SMP, juara I diraih oleh Ni Luh Ari Purnawa Dewi dari SMPN 2 Tabanan, dan juara I untuk SMA diraih oleh Made Pandu Deva Kusuma Wardana dari SMAN 1 Tabanan. *des

Komentar