nusabali

RI Perlu Kuasai Pasar ASEAN

  • www.nusabali.com-ri-perlu-kuasai-pasar-asean

Bicara Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), anggota Komisi VII DPR RI Satya Widya Yuda menuturkan, Indonesia perlu menguasai pasar ASEAN.

JAKARTA, NusaBali

Jika bisa menguasai pasar asing, bukan dikuasai pasar ASEAN dan asing. Langkah tersebut penting ditempuh, karena saat ini dunia dan ASEAN sedang mengincar Indonesia sebagai tujuan pasar internasional.
 
“Indonesia ini berpenduduk besar dan sudah menjadi target pasar internasional. Karena itu, kita harus berbuat melalui kebangkitan industri. Kalau tidak, maka Indonesia akan dibanjiri oleh produk-produk asing,” ujarnya di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jumat (16/9).
 
Menurut Satya, Vietnam, Filipina dan Thailand kini sudah belajar bahasa Indonesia mengingat Indonesia sebagai tempat strategis untuk pasar industri mereka serta dunia. Dia meminta kita tidak alergi dengan PMN (Pernyertaan Modal Nasional) untuk BUMN industri, karena industri memberikan konstribusi besar terhadap negara.
 
"Termasuk dalam pengelolaan Migas dengan industri dan infrastruktur Migas yang terbatas, maka pemerintah harus konsisten dengan pembangunan industri ini. DPR hanya minta pemerintah konsisten,” imbuh pria yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pakar Pimpinan Pusat Ikatan Alumni (PP-IKA) Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya (ITS) ini.
 
Dalam kesempatan itu, Satya menyatakan, beberapa waktu lalu Presiden RI Joko Widodo ada yang minta masuk TPP (Trans Pasifik Patnership) di Amerika Serikat, tapi kata Satya, pihaknya melarang karena Indonesia belum siap.
 
“Kalau belum siap, maka Indonesia akan menjadi korban dari TPP itu sendiri. Untuk itu, Indonesia harus bangkit melalui industri kreatif dan inovatif,” papar politisi Golkar ini. k22

Komentar