nusabali

Pilkel Klungkung Serentak Diundur Dua Bulan

  • www.nusabali.com-pilkel-klungkung-serentak-diundur-dua-bulan

SEMARAPURA, NusaBali
Pemilihan perbekel (pilkel) serentak di Kabupaten Klungkung yang rencananya digelar pada Minggu (14/6) ini, terpaksa harus diundur selama 2 bulan hingga 9 Agustus 2020.

Pasalnya situasi pendemi Covid-19 saat ini belum memungkinkan untuk melakukan pemungutan suara.

Keputusan ini menyebabkan beberapa tahapan pilkel ikut mundur, di antaranya jadwal kampanye calon, masa tenang, penetapan calon terpilih oleh Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) dan pengesahan oleh bupati. Pemutakhiran data pemilih juga diulang. Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah ditetapkan diubah lagi, karena ada orang yang pindah domisili, meninggal serta berusia 17 tahun saat pemungutan suara.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Klungkung, I Wayan Suteja, Kamis (11/6), mengatakan penundaan pilkel serentak ini, karena masih merebaknya pandemi Covid-19 atau virus Corona. Awalnya sempat diusulkan agar Pilkel serentak dilaksanakan Oktober 2020 mendatang. Namun setelah diajukan ke bupati, Pilkel saat bulan Oktober dianggap terlampau jauh terlebih diterapkannya new normal. "Maka diputuskan 9 Agustus, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujar Suteja.

Pilkel serentak di Klungkung dibagi menjadi tiga gelombang, gelombang pertama sudah dilaksanakan tahun 2018 diikuti 17 desa, gelombang kedua akan dihelat Agustus tahun ini dilaksanakan di 22 desa dan gelombang ketiga akan dihelat pada tahun 2021 melibatkan 11 desa.

Adapun 22 desa yang mengikuti Pilkel serentak, yakni di Kecamatan Klungkung, masing-masing; Desa Tangkas, Jumpai, Kamasan dan Desa Gelgel.

Kecamatan Nusa Penida ada 7 desa yakni Desa Tangklad, Batukandik, Kutampi, Klumpu, Ped, Jungutbatu dan Desa Batununggul.

Kecamatan Banjarangkan diikuti 4 desa yakni Desa Timuhun, Takmung, Tusan dan Desa Tohpati. Serta di Kecamatan Dawan ada 7 desa yang menghelat Pilkel yakni Desa Paksebali, Sampalan Kelod, Sampalan Tengah, Sulang, Dawan Kelod, Pesinggahan dan Kampung Kusamba. *wan

Komentar