nusabali

Rumah Terbakar, Ayah dan Anak Nyaris Terpanggang

Satu Mobil dan 3 Unit Motor Ikut Hangus

  • www.nusabali.com-rumah-terbakar-ayah-dan-anak-nyaris-terpanggang

DENPASAR, NusaBali
Kebakaran hebat melanda dua unit rumah di Jalan Kusuma Bangsa V Nomor 34, Desa Pemecutan Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, pada Kamis (11/6) pukul 14.30 Wita.

Dalam peristiwa itu ada dua orang menderita luka bakar, yakni Muhamad Ali, 62 dan anaknya, Dewi, 27.  Kepala BPBD Kota Denpasar, Ida Bagus Joni Ari Wibawa dikonfirmasi kemarin sore mengungkapkan dua unit rumah yang terbakar itu adalah milik, Ketut Ladrayana, 53 seluas 1 are dan milik Muhamad Ali, 52 seluas 1 are. Kedua bangunan yang berdampingan itu terbakar diduga karena korsleting listrik yang diduga terjadi di rumah Ali.

Saat berusaha memadamkan api, Ali bersama anaknya Dewi tersambar api. Ali mengalami luka bakar pada kedua tangan, punggung, dan kepala. Luas luka yang diderita korban sekitar 45 persen. Akibatnya kedua korban langsung dilarikan ke RSUD Wangaya.

Sementara korban, Dewi menderita luka bakar sekitar 72 persen pada tangan dan kaki. Selain itu korban mengalami lemas dan sesak napas. Korban yang tinggal di Jalan Kusuma Bangsa Nomor 3 A ini juga dievakuasi ke RSUD Wangaya untuk mendapatkan pertolongan medis.

"Tim mendapat informasi tentang kebakaran itu pukul 14.30 Wita dan tiba di lokasi pukul 14.40 Wita. Saat tiba di lokasi api sudah membesar. Kebetulan kedua bangunan itu semi permanen yang sebagian besar menggunakan bahan mudah terbakar. Api berhasil dipadamkan setelah penanganan selama 1,5 jam," tuturnya.

Dikonfirmasi terpisah Kasubag Humas Polresta Denpasar Iptu Ketut Sukadi mengungkapkan dalam peristiwa itu ternyata yang terbakar tak hanya dua unit rumah dan isinya tapi juga beberapa kendaraan. "Selain rumah juga ada 1 unit mobil Terios warna putih, 2 unit motor Suzuki, dan 1 unit Honda Blade. Hanya saja belum diketahui secara persis pemilik dari kendaraan\ yang terbakar itu," tutur Iptu Ketut Sukadi.

Iptu Ketut Sukadi membeberkan kebakaran itu bermulai dari rumah Muhamad Ali. Pada saat itu sekeluarga tengah pulas tidur siang. Saat sadar api sudah membesar. Muhamad Ali menyelamatkan dirinya bersama istri dan seorang anaknya (Dewi) dengan menjebol tembok bagian belakang rumah.

Meski berhasil selamat dari maut, Ali dan anaknya menderita luka serius pada sekujur tubuh masing-masing. Api dengan cepat membesar dan merembet ke bangunan rumah milik Ketut Ladrayana. Saat tiga unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi api sudah membesar. "Saat ini kami sedang melakukan penyelidikan. Penyebab persis terjadinya kebakaran belum diketahui. Dugaannya akibat korsleting listrik. Kerugian materi  akibat kejadian itu juga belum diketahui secara persis. Ditaksir sekitar ratusan juta," tandasnya. *pol

Komentar