nusabali

Penataan Lapangan Astina Telan Rp 22,280 M

  • www.nusabali.com-penataan-lapangan-astina-telan-rp-22280-m

 ‘’Mudah-mudahan, hasil proyek ini nanti cocok dengan jumlah anggaran yang dipakai’’.

GIANYAR, NusaBali

Pemkab Gianyar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Gianyar tahun 2020 menata  Lapangan Astina Gianyar, berikut pedestrian Kota Gianyar. Proyek ini menelan dana Rp 22 miliar lebih dari APBD Gianyar 2020 dengan penggarap PT Tunas Jaya Sanur dan konsultan pengawas PT Dana Sularsa Cipta.

Penggunaan anggaran sebanyak itu untuk menata sebuah lapangan, sempat memancing pertanyaan warga sekitar. Warga penasaran, seperti apa wajah lapangan ini nanti setelah ditata dengan dana sebesar itu. ‘’Mudah-mudahan, hasil proyek ini nanti cocok dengan jumlah anggaran yang dipakai,’’ ujar beberapa warga yang kerap jalan-jalan di lapangan itui.

Terkait itu, Bupati Gianyar Made ‘Agus’ Mahayastra, Selasa (9/6), mengatakan dalam penataan, Lapangan Astina akan dilengkapi Patung Panca Pandawa dan kolam air mancur. “Posisi patung dan kolam ini di sebelah utara lapangan,” jelasnya. Hanya saja,  Mahayastra tidak menyebut berapa ukuran patung serta detail penataan. “Specnya saya tidak tahu. Yang jelas, saya minta agar dikerjakan oleh pematung terbaik,” ujarnya.

Selain patung Panca Pandawa, setiap pojok lapangan akan ditata untuk tempat bermain anak-anak, sport center kapasitas kecil untuk Voly dan Basket. “Bangunan Sariboga sebelah timur juga akan diperbaiki,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas PUPR Gianyar I Wayan Karya mengatakan penataan ini dilakukan untuk mempercantik dan memperindah Lapangan Astina Gianyar dan pedestrian Kota Gianyar. “Lapangan ini akan ditata menjadi lebih indah dan asri dihiasi dengan tanaman. Bagian sisi utara dipasang patung Panca Pandawa,” ujar Karya.

Penataan Lapangan Astina Gianyar mulai kontrak 20 Mei 2020, dengan nilai kontrak Rp 22,280 miliar. Sumber dana tahun 2020 dari APBD Gianyar. “Waktu pelaksanaan proyek ini selama 210 hari kalender,”katanya.

Pantauan di lokasi, proyek penataan Lapangan Astina Gianyar ini dimulai dengan pasangan papan, pintu masuk sudah ditutup seng. Jaringan listrik yang masuk ke lapangan sudah dibongkar. Bahkan tampak para pekerja proyek sedang membongkar paving yang sebelumnya dipasang di stage Balai Budaya Gianuyar. Sementara papan atau plang proyek yang sebelumnya sempat dipertanyakan sudah terpasang dujung timur laut Lapangan Astina Gianyar. *nvi

Komentar