nusabali

Mahasiswa Universitas Udayana Diwisuda Secara Daring

  • www.nusabali.com-mahasiswa-universitas-udayana-diwisuda-secara-daring

DENPASAR, NusaBali
Universitas Udayana melangsungkan wisuda secara daring untuk kali pertama, Sabtu (6/6/2020).

Wisuda ke-136 ini juga disiarkan secara langsung pada laman YouTube Udayana TV dan sejumlah media sosial resmi universitas selama tiga jam lebih sejak pukul 08.00 Wita.

Prosesi wisuda dilangsungkan di Gedung Auditorium Widya Sabha Universitas Udayana, Jimbaran dan dihadiri langsung oleh pihak rektorat beserta jajarannya dan tiga wisudawan yang mewakili strata S1, S2 dan S3. Sedangkan wisudawan lainnya mengikuti prosesi secara daring melalui aplikasi Webex dari kediaman masing-masing.

Pada wisuda kali ini, Universitas Udayana melepas 670 wisudawan yang terdiri dari 19 orang Diploma, 504 orang Sarjana, 73 orang Profesi, 33 orang Dokter Spesialis, 24 orang Magister dan 17 orang Doktor. Wisudawan terbanyak adalah perempuan yang berjumlah 420 orang sedangkan wisudawan laki-laki sebanyak 250 orang.

Dikonfirmasi terpisah, Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Udayana, Prof I Nyoman Gde Antara, mengatakan pelaksanaan wisuda daring ini berhasil berjalan dengan lancar. "Astungkara semuanya berjalan dengan baik dan lancar. Kalau dirasa masih ada yang perlu untuk dievaluasi pasti akan kami lakukan," katanya saat dihubungi NusaBali.

Ia mengatakan wisuda kali ini dilakukan secara daring setelah mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya adalah karena pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir. Pertimbangan lainnya adalah banyaknya calon wisudawan yang meminta diwisuda secara daring karena berada di daerah asal dan belum memungkinkan datang ke kampus.

Di sisi lain banyak juga calon wisudawan yang memerlukan ijazah, transkrip nilai untuk keperluan mereka. Para wisudawan yang diwisuda hari ini akan diberikan salinan digital ijazah, salinan digital transkrip nilai, dan salinan digital kartu alumni. Sedangkan dokumen asli akan diserahkan dikemudian hari melalui pemberitahuan.

Pihaknya menambahkan, ke depan tidak menutup kemungkinan akan digelar lagi wisuda secara daring gelombang berikutnya pada Agustus nanti. Namun pihak kampus masih akan mengkaji lebih lanjut bagaimana perkembangan kasus Covid-19 serta situasi dan kondisi yang terjadi pada saat itu.*cr75

Komentar