nusabali

Polsek Kintamani Bangun Posko Siaga Bencana

  • www.nusabali.com-polsek-kintamani-bangun-posko-siaga-bencana

BANGLI, NusaBali
Sebuah ruangan di Mapolsek Kintamani, Bangli disulap menjadi posko siaga bencana.

Posko siaga bencana disiapkan sebagai langkah antisipasi terjadinya cuaca ekstrim di wilayah Kintamani. Bila terjadi kerawanan, petugas yang siaga akan turun membantu masyarakat. Kintamani rawan bencana, baik tanah longsor, pohon tumbang, hingga kebakaran hutan.


Kapolsek Kintamani, Kompol Made Raka Sugita, menjelaskan posko siaga bencana ini dibentuk sebagai kesiapsiagaan Polsek Kintamani apabila terjadi bencana alam yang disebabkan oleh cuaca ekstrim. Petugas bisa cepat menuju TKP dengan membawa peralatan yang lengkap dari posko siaga bencana. “Posko Siaga Bencana ini merupakan gagasan dari Polres Bangli yang diimplementasikan di masing-masing Polsek jajaran. Ketika ada bencana alam, anggota yang mengawaki pos dapat turun langsung ke tempat kejadian,” jelas Kompol Raka Sugita, Kamis (4/6).

Menurut Kompol Raka Sugita, posko siaga bencana tersebut dilengkapi alat-alat seperti chainsaw, gergaji, sabit, cangkul, dan sekop. Ada pula perlengkapan untuk pelindung diri seperti sepatu boot, mantel, helm, senter, dan lainnya. Kompol Raka Sugita menambahkan, saat bertugas memperhatikan protokol keselamatan dan kesehatan. Terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19, alat-alat inventaris dibersihkan dengan disinfektan secara rutin. “Bagi anggota yang turun ke lapangan juga dilengkapi alat pelindung diri seperti menggunakan masker,” jelasnya. *esa

loading...

Komentar