nusabali

GMT Siap Bantu 1.188 Paket Sembako untuk 4 Desa Adat

  • www.nusabali.com-gmt-siap-bantu-1188-paket-sembako-untuk-4-desa-adat

AMLAPURA, NusaBali
Utusan dari empat desa adat di Desa Sukadana, Kecamatan Kubu, Karangasem, mendatangi sekretariat Gerakan Masyarakat Terpadu (GMT) di Lingkungan Gede, Kelurahan Subagan, Kecamatan Karangasem, Rabu (3/6).

Utusan dari empat desa adat diterima penasehat GMT, I Gusti Made Tusan. GMT pun siap salurkan bantuan 1.188 paket sembako untuk krama di keempat desa adat tersebut.  Keempat utusan desa adat itu yakni Bendesa Adat Nusu I Nengah Darma, Bendesa Adat Karangsari I Gede Swasta, Bendesa Adat Bukit I Made Putu Tantra, dan Panyarikan Desa Adat Lebah I Nyoman Mangku Berata. Pertemuan itu turut dihadiri anggota DPRD dari Kecamatan Kubu I Nyoman Musna Antara dan mantan Wakil Bupati Karangasem dari Kecamatan Kubu I Made Sukerana. Bendesa Adat Bukit, I Made Putu Tantra, menyampaikan krama adat di kampungnya terdampak pandemi Covid-19. Ekonomi kerakyatan lesu, banyak warga pulang kampung karena kena PHK (pemutusan hubungan kerja).

Kebutuhan pangan mesti selalu tersedia, sedangkan tidak ada lagi pemasukan karena tidak ada lagi pekerjaan. “Saya merasa prihatin atas nasib warga. Atas dasar itulah kami merasa terbantu atas kepedulian dari GMT,” ungkap I Made Putu Tantra. Dikatakan, penduduk Desa Adat Bukit sebanyak 1.286 jiwa, sepenuhnya daerah kering. Begitu juga Desa Adat Lebah berpenduduk 1.232 jiwa, nasibnya hampir sama. Bendesa Adat Nusu, I Nengah Darma, menyampaikan di wilayahnya merupakan berpenduduk terpadat di Desa Sukadana yakni 1.433 jiwa. “Warga kami banyak kehilangan pekerjaan,” ungkap Nengah Darma.

Bantuan dari GMT nantinya sangat membantu meringankan beban sosial masyarakat. Dari 1.188 paket sembako akan dialokasikan kepada empat desa adat. Masing-masing 127 paket untuk Desa Adat Nusu, 152 paket untuk Desa Adat Karangsari, 511 paket untuk Desa Adat Lebah, dan 398 paket untuk Desa Adat Bukit. Tiap paket isinya 5 kilogram beras, 5 bungkus mie, dan 1 liter minyak goreng. Khusus untuk bantuan beras total 5,94 ton. Penasihat GMT, I Gusti Made Tusan, menyadari pandemi Covid-19 menyebabkan warga mengalami kesusahan persediaan pangan. GMT berupaya membantu warga. Suami Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri ini mengatakan, sejak beberapa bulan terakhir telah membantu masyarakat lebih dari 20.000 paket sembako. *k16

loading...

Komentar