nusabali

7.993 Lulusan SD Rebut 6.239 Kursi SMPN

  • www.nusabali.com-7993-lulusan-sd-rebut-6239-kursi-smpn

Proses PPDB secara daring karena wabah Covid-19 masih berlangsung.

GIANYAR, NusaBali
7.993 anak lulusan SD di Gianyar tahun ajaran 2019/2020 akan berebut 6.239 kursi di 24 SMP negeri. Dengan perbandingan itu, dipastikan sekitar 1.754 siswa akan tercecer di SMP swasta.

Kepala Dinas Pendidikan Gianyar I Wayan Sadra, Selasa (2/6), mengaku daya tampung SMPN tahun ajaran baru ini sudah lebih dari cukup. Terutama setelah adanya penambahan SMPN 4 Sukawati di Desa Ketewel, Kecamatan Sukawati. Dikatakan, Dinas Pendidikan Gianyar kini mulai mempersiapkan penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2020. Proses PPDB secara daring karena wabah Covid-19 masih berlangsung. “Orangtua siswa melalui online menyampaikan ke sekolah bahwa anaknya mau masuk SMP mana. Format pendaftaran juga sudah disiapkan terkait pendaftaran, tinggal mengikuti itu dan dikirim ke sekolah SD masing-masing,” kata pejabat asal Nusa Penida, Klungkung ini.  

Selanjutnya, Dinas Pendidikan akan memverifikasi bersama utusan dari masing-masing SMP negeri. Nah, setelah tahap verifikasi itu barulah akan direkap untuk selanjutnya diumumkan. “Selain ditempel di sekolah dan dinas, nanti pengumuman berupa foto surat keputusan berdasarkan hasil ranking, akan dikirim ke nomor orangtua atau peserta didik yang tertera pada surat pendaftaran,” katanya.

Dikatakan, lulusan SD di Kabupaten Gianyar yang mengikuti PPDB tahun ini 7.993 orang. Daya tampung 24 SMP negeri saat ini 161 rombel dengan 38 siswa per kelas, maka akan ada 6.239 siswa yang tertampung di SMP negeri. Dari data itu, ada selisih 1.754 siswa yang bisa menempuh pendidikan di SMP swasta. Terkait keinginan orangtua menyekolahkan anak ke sekolah negeri, Sadra berjanji pemerintah wajib memberikan layanan yang layak dan berkualitas. Dia mengaku kini mempersiapkan estimasi penambahan 20 rombel sehingga ada 181 rombel dengan 40 orang per kelas, maka akan tertampung 7.240 siswa di SMP negeri. “Kita bicara estimasi, kami mengupayakan menampung 7.000 lebih anak,” katanya.

Terkait presentase PPDB dengan jalur masing masing, jelas Sadra, sudah disiapkan dan sedang diajukan ke Bupati Gianyar. “Intinya, PPDB sudah dilengkapi dengan Perbup dan Surat Keputusan Bupati tentang penetapan zonasi, dan jalur,” katanya.*nvi

Komentar